Eksplorasi Etnomatematika pada Candi Agung Gumuk Kancil Banyuwangi sebagai Lembar Kerja Siswa

  • Marenda Dias Krismonita Universitas Jember
  • Sunardi Sunardi Universitas Jember
  • Erfan Yudianto Universitas Jember

Abstract

Etnomatematika adalah matematika yang ditemukan dalam budaya masyarakat yang tanpa sadar telah menerapkan konsep matematika dalam budayanya. Tujuan dari penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi ini adalah untuk mendeskripsikan etnomatematika pada bangunan Candi Agung Gumuk Kancil. Subjek penelitian ini adalah satu orang penjaga candi, satu orang masyarakat yang paham tentang sejarah pembangunan candi dan satu orang yang terbiasa memugar candi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya etnomatematika pada bangunan Candi Agung Gumuk Kancil. Unsur geometri yang ditemukan meliputi: bangun datar (segitiga, persegi, persegi panjang, dan lingkaran), bangun ruang (kubus, balok, dan tabung), kesebangungan, kekongruenan, dan transformasi geometris (translasi dan refleksi). Etnomatematika pada penelitian ini akan dibuat LKS dengan materi bangun ruang sisi lengkung untuk kelas IX semester genap.


Kata kunci: Etnomatematika, Candi Agung, Geometri

References

Asnawati, S., & Dewi, I. L. K. (2019). Pemahaman Konsep Geometri dan Self Confidence Mahasiswa Calon Guru Matematika pada Mata Kuliah Pembelajaran Mikro untuk Persiapan Pelaksanaan PPL Di Sekolah. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 75. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.706

Putra, R. Y., Wijayanto, Z., & Widodo, S. A. (2020). Etnomatematika: Masjid Soko Tunggal Dalam Pembelajaran Geometri 2D. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM). https://doi.org/10.26740/jrpipm.v4n1.p10-22

Rahmawati, E. (2019). Etnomatematika pada Gapura Gesibu Blambangan Sebagai Bahan Pembelajaran Matematika. Skripsi, 1–19.

Rachmawati, I. (2012). Eksplorasi etnomatematika masyarakat sidoarjo. Ejournal Unnes, 18.

Rani. (2018). Etnomatematika pada candi ratu boko sebagai pendukung pembelajaran matematika realistik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, (April), 1–18.

Stathopoulou, C., Kotarinou, P., & Appelbaum, P. (2015). Ethnomathematical research and drama in education techniques: developing a dialogue in a Geometry class of 10th grade students. Revista Latinoamericana de

Etnomatemática, 8(2), 105–135. https://doi.org/10.1021/am502675c
Suharta, I. G. P., Sudiarta, I. G. P., & Astawa, I. W. P. (2017). Ethnomathematics of Balinese Traditional Houses. International Research Journal of Engineering, IT & Scientific Research, 3(4), 42.

Wahyu, S., Setiawan, T. B. S. (2018). Etnomatematika pada Pura Mandara Giri Semeru Agung Sebagai Bahan Pembelajaran Matematika. Kadikma, 9(1), 156–164.

Wahyuni, I. (2015). Eksplorasi etnomatematika masyarakat sidoarjo. Fenomena (Jurnal Penelitian Islam Indonesia), 15(2), 225–238.

Wahyuni, A., Aji, A., Tias, W., dan Sani, B. (2013). Peran Matematika dalam Membangun Karakter Bangsa. November, 978-979,2013.

Zuhry, A. W. (2018). Artikel Studi Tentang Candi Mirigambar Di Tulungagung. Universitas Nusantara PGRI Kediri Surat Pernyataan Artikel Skripsi Tahun 2018. 02(04).
Published
2021-07-09
How to Cite
KRISMONITA, Marenda Dias; SUNARDI, Sunardi; YUDIANTO, Erfan. Eksplorasi Etnomatematika pada Candi Agung Gumuk Kancil Banyuwangi sebagai Lembar Kerja Siswa. Journal of Mathematics Education and Learning, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 149-158, july 2021. ISSN 2797-0752. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JOMEAL/article/view/24327>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jomeal.v1i2.24327.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.