Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika ditinjau dari Perbedaan Kecerdasan Intrapersonal

  • Riezka Nur Fiqih Universitas Ahmad Dahlan
  • Harina Fitriyani Universitas Ahmad Dahlan

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis memiliki peran yang sangat penting dalam pembelajaran matematika karena siswa harus mampu mengkomunikasikan ide matematikanya secara tulisan maupun lisan. Sedangkan untuk memahami potensi diri diperlukan kecerdasan intrapersonal yang memadai. Oleh karenanya tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika yang ditinjau dari tingkat kecerdasan intrapersonal siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melibatkan 3 orang siswa kelas VII di salah satu SMP Negeri di Kota Pangkalpinang yang masing-masing memiliki kecerdasan intrapersonal tinggi, sedang dan rendah. Pengambilan data penelitian menggunakan angket kecerdasan intrapersonal, tes materi bangun datar yang terdiri dari 3 butir soal essay dan pedoman wawancara. Adapun analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yakni reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan matematis yang paling baik ditunjukkan oleh subjek berkecerdasan intrapersonal sedang, disusul dengan subjek berkecerdasan intrapersonal rendah dan tinggi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa tingginya level kecerdasan intrapersonal tidak lantas berbanding lurus dengan kemampuan komunikasi matematis siswa.


Kata kunci: Komunikasi Matematis, Kecerdasan Intrapersonal, Masalah Matematika

References

Aminah, S., Wijaya, T. T., & Yuspriyati, D. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15–22. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.29

Asuro, N., & Fitri, I. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Self-Concept Siswa SMA/MA. Suska Journal of Mathematics Education, 6(1), 033–046.

Azhari, D. N., Rosyana, T., & Hendriana, H. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Berdasarkan Gender Dan Self Concept. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(2), 129. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i2.p129-138

Azizah, S. N., & Maulana, D. F. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Siswa SMA. Prosiding SNMPM II, Prodi Pendidikan Matematika, 2010(17), 222–228.

Budiyanta, E., Hendroanto, A., & Fitriyani, H. (2020). Kemampuan HOTs Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Soal Geometri. Integral: Pendidikan Matematika, 11(1), 1–16.

Budiyanta, E., Sutadi, L. I., & Fitriyani, H. (2019). Identifikasi Kecerdasan Intrapersonal Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Yogyakarta. Prosiding Sendika, 5(1), 530–533. http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/sendika/article/view/796

Diandita, E. R., Johar, R., & Abidin, T. F. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Metakognitif Siswa SMP Pada Materi Lingkaran Berdasarkan Gender. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 79–97. https://doi.org/10.22342/jpm.11.2.2533.

Fitriyani, H., Setyawan, F., Hendroanto, A., & Istihapsari, V. (2021). Describing student’s mathematical power: Do cognitive styles make any difference? Bulletin of Applied Mathematics and Mathematics Education, 1(1), 39. https://doi.org/10.12928/bamme.v1i1.3856

Hendriana, H., & Kadarisma, G. (2019). Self-Efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 153. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.2033

Hodiyanto, H. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu, 7(1), 9–18. https://www.neliti.com/publications/177556/kemampuan-komunikasi-matematis-dalam-pembelajaran-matematika

Kadir. (2008). Kemampuan komunikasi matematik dan keterampilan sosial siswa dalam pembelajaran matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 339–350.

Khadijah, I. N. A., Maya, R., & Setiawan, W. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Statistika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(6), 1095–1104.

Lutfianannisak, L., & Sholihah, U. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Komposisi Fungsi Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Tadris Matematika, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.1.1-8

Marfiah, D. ., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Bentuk Aljabar. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 4(1), 1–15.

Maryati, T., Kasanah, S. U., & ... (2019). Kontribusi Kecerdasan Intrapersonal Siswa Terhadap Kesadaran Metakognitif Siswa SMK Se-Kota Blitar. Briliant: Jurnal Riset Dan …, 4, 306–313. http://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/344

Miles, M., Huberman, M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook Thousand Oaks, CA: Sage (3rd ed.).

Murti, D. C., & Fitriyani, H. (2016). Profil kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Gamping tahun ajaran 2015/2016 berdasarkan gaya kognitif reflektif-impulsif. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 52–59.

Nahdi, D. S. (2019). Keterampilan Matematika Di Abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 133–140. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1386

Nofrianto, A., Maryuni, N., & Amri, M. A. (2017). Komunikasi Matematis Siswa: Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Gantang, 2(2), 113–121.

Rokhima, N., & Fitriyani, H. (2017). Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP ditinjau Dari Kecerdasan Interpersonal. Seimnar Nasional Pendidikan, Sains, Dan Teknologi.

Rokhima, N., & Fitriyani, H. (2018). Student’s Metacognition : Do Intrapersonal Intelligent Make Any Difference ? Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Sadikin, S., & Kaharuddin, A. (2019). Identifikasi Kemampuan Komunikasi Matematika Ditinjau Dari Self-Concept Matematis Dan Gender. SNPMAT II, 190–198. https://doi.org/10.31227/osf.io/5fybs

Sriwahyuni, T., Amelia, R., & Maya, R. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Segiempat dan Segitiga. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 3(1), 18–23. http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm

Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Journal, 1(1), 1. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i1.2

Wijayanto, A. D., Fajriah, S. N., & Anita, I. W. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 97–104. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.36
Published
2021-07-09
How to Cite
FIQIH, Riezka Nur; FITRIYANI, Harina. Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika ditinjau dari Perbedaan Kecerdasan Intrapersonal. Journal of Mathematics Education and Learning, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 126-136, july 2021. ISSN 2797-0752. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JOMEAL/article/view/24252>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jomeal.v1i2.24252.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.