Etnomatematika pada Pembuatan Batu Bata Merah Masyarakat Dusun Bayat Wringinpitu Banyuwangi sebagai Lembar Kerja Siswa

  • Rakha Dhiya Dinata SMP Negeri 2 Purwoharjo
  • Toto' Bara Setiawan Universitas Jember
  • Dinawati Trapsilasiwi Universitas Jember

Abstract

Etnomatematika merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok budaya dimana tanpa mereka sadari telah menerapkan konsep matematika. Dalam hal ini etnomatematika merupakan jembatan antara matematika dan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan etnomatematika pada pembuatan batu bata merah Dusun Bayat Wringinpitu Banyuwangi dengan menghasilkan suatu Lembar Kerja Siswa (LKS). Subjek penelitian adalah 3 orang pembuat batu bata merah Dusun Bayat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya konsep matematika pada pembuatan batu bata merah meliputi konsep menghitung, mengukur, membilang, mendesain, kesebangunan dan kekongruenan, segmen garis, bangun datar dan bangun ruang.


Kata kunci: Etnomatematika, Pembuatan Batu Bata Merah, Lembar Kerja Siswa

References

Ag, M. M dan Fathani, A. H. (2008). Mathematical Intelegence. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Arwanto. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Batik Trusmi Cirebon untuk Mengungkap Nilai Filosofi dan Konsep Matematis. Jurnal Pendidikan MIPA, 7(1), 40-49.

D’Ambrosio, U. (1985). Etnomatematics and its place in the history and pedagogy of matematics. For Learning of Mathematics, 5(1), 44-48.

Damayanti, Y. N. (2015). Peningkatan Kemampuan Membilang Melalui Media Kartu Bergambar Pada Anak Kelompok B1 TK PKK 37 Dodogan Jatimulyo Dlingo Bantul. Skirpsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Kholilah, Y. N., Mahardika, I. K., & Sutarto. (2016). Kelayakan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Proyek untuk Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Sains, 1(1), 1-8.

Lestari, N, dkk. (2019). Etnomatematika pada Proses Penetasan Telur Penyu Hijau Semi Alami di Sukamade, Taman Nasional Meru Betiri sebagai Bahan Ajar Siswa Berbasis Fraktal. Jurnal Pendidikan MIPA dan MIPA. 21(1).

Majid, A. (2011). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurhalimah. (2015). Upaya Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Dalam Menyelenggarakan Kegiatan Bidang Kebudayaan di Kabupaten Nunukan. eJournal Ilmu Pemerintahan.3, (1) 2015 : 239-252.

Rohmadina, F. A. (2017). Etnomatematika Pada Aktivitas Tukang Bangunan Masyarakat Jawa di Desa Kencong. Skripsi. Jember: Universitas Jember.

Suherman. E. (2001). Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.

Wahyuni, A. dan Dkk. (2013). Peran etnomatematika dalam membangun karakter bangsa. Jurnal Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.
Published
2021-07-09
How to Cite
DINATA, Rakha Dhiya; SETIAWAN, Toto' Bara; TRAPSILASIWI, Dinawati. Etnomatematika pada Pembuatan Batu Bata Merah Masyarakat Dusun Bayat Wringinpitu Banyuwangi sebagai Lembar Kerja Siswa. Journal of Mathematics Education and Learning, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 98-108, july 2021. ISSN 2797-0752. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JOMEAL/article/view/24241>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jomeal.v1i2.24241.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.