HUBUNGAN ANTARA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DENGAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. TIRTA INVESTAMA DESA TENGGILISREJO KABUPATEN PASURUAN

  • Zulfa Qurrota Ni’mah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Arief Tukiman Hendrawijaya Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Lutfi Ariefianto Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Abstract

Pemberdayaan merupakan salah satu bentuk dari upaya pemerintah dalam mensejahterakan masyarakatnya, salah satu program yang terdapat pada lingkungan industri adalah program corporate social responsibility atau program dari perusahaan yang dibentuk sebagai pertanggungjawaban perusahaan kepada masyarakat melalui program-program yang sifatnya memberdayakan dan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya Hubungan Antara Pemberdayaan Masyarakat dengan Program corporate social responsibility PT. Tirta Investama Desa Tenggilisrejo Kabupaten Pasuruan. Jenis penelitian ini adalah korelasional dengan pendekatan metode kuantitatif. Tempat penelitian berada di Desa Tenggilisrejo Kabupaten Pasuruan, lama penelitian 10 bulan. Penentuan tempat penelitian berdasarkan pada metode purposive area. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket dan dokumentasi. Agar kepercayaan data yang dihasilkan oleh penyebaran instrumen maka peneliti menggunakan uji validitas yang menggunakan rumus spearman-brown dan uji reliabilitas dengan rumus splithalf. Langkah terakhir yaitu analisis data dengan menggunakan rumus spearman brown. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara pemberdayaan masyarakat dengan program corporate social responsibility melalui pengisian angket oleh 26 responden yang terdiri dari 20 pernyataan. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa rhitung≥rkritik= 0,678≥0,392 dan pemberdayaan masyarakat memberikan sumbangsih sebesar 45,96% terhadap program CSR. Berdasarkan indikator yang dijadikan pengukuran diketahui bahwa indikator aspek pendidikan memberikan sumbangsih sebesar 0,456 atau 20,79% terhadap program CSR, pada indikator aspek sosial memeberikan kontribusi sebesar 0,601 atau 36,12% terhadap program CSR, sedangkan pada indikator aspek ekonomi memberikan sumbangsih sebesar 0,727 atau 52,85% program CSR, maka dapat disimpulkan terdapat hubungan pada kedua variabel.

Published
2018-10-22
How to Cite
NI’MAH, Zulfa Qurrota; HENDRAWIJAYA, Arief Tukiman; ARIEFIANTO, Lutfi. HUBUNGAN ANTARA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DENGAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. TIRTA INVESTAMA DESA TENGGILISREJO KABUPATEN PASURUAN. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 17-20, oct. 2018. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/8783>. Date accessed: 23 jan. 2019.