HUBUNGAN ANTARA KEGIATAN MEWARNAI DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PLAY GROUP AR-ROUDHOH JEMBER

  • Vivin Nur Laili Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Arief Tukiman Hendrawijaya Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • sylva Alkornia Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Abstract

Play Group Ar-Roudhoh merupakan salah satu lembaga pendidikan anak usia ini di Kabupaten Jember yang mempunyai pembelajaran inovatif dan kreatif. Salah satu pembelajaran  yang ada di Play Group ini adalah mewarnai.  Kegiatan mewarnai ini bermanfaat untuk anak didik dalam mengenal warna, imajinasi dan kreativitas.  Selain itu, kegiatan ini juga mempengaruhi perkembangan motorik halus anak. Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu adakah hubungan antara kegiatan mewarnai dengan perkembangan motorik halus anak usia 3-4 tahun di Play Group Ar-Roudhoh Jember?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kegiatan mewarnai dengan perkembangan motorik halus anak usia 3-4 tahun di Play Group Ar-Roudhoh Jember. Penelitian ini menggunakan penelitian korelasional dengan jenis data kuantitatif.  Penentuan daerah penelitian menggunakan purposive area yaitu Play Group Ar-Roudhoh Jember dengan jumlah subyek 16 anak didik yang telah dipilih dengan menggunakan teknik populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (checklist) dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan tata jenjang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara kegiatan mewarnai dengan perkembangan motorik halus anak usia 3-4 tahun di Play Group Ar-Roudhoh Jember secara keseluruhan diperoleh rhitung 0,933 nilai tersebut lebih besar dari rtabel 0,506. Jika dikonsultasikan dengan rtaabel sebesar 0,506 pada taraf kepercayaan 95%, akan menunjukkan bahwa 0,933 > 0,506.  Kegiatan mewarnai memberikan kontribusi sebesar 87,05% terhadap perkembangan motorik halus anak didik di Play Group Ar-Roudhoh, sedangkan sisanya yakni 12,95% dipengaruhi oleh peran pendidik dan sarana dan prasarana yang ada di Play Group. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Ha yang berbunyi ada hubungan antara kegiatan mewarnai dengan perkembangan motorik halus anak usia 3-4 tahun di Play Group Ar-Roudhoh Jember diterima

How to Cite
LAILI, Vivin Nur; HENDRAWIJAYA, Arief Tukiman; ALKORNIA, sylva. HUBUNGAN ANTARA KEGIATAN MEWARNAI DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PLAY GROUP AR-ROUDHOH JEMBER. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 1-4, sep. 2018. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/8774>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v2i2.8774.