HUBUNGAN ANTARA PROGRAM PENDIDIKAN KEAKSARAAN FUNGSIONAL TINGKAT DASAR DENGAN PARTISIPASI WARGA BELAJAR DI KELOMPOK BELAJAR KENITU KABUPATEN JEMBER TAHUN 2013

  • Winda Dwi Lestari Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Arief Tukiman Hendrawijaya Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Deditiani Tri Indrianti Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Abstract


Keaksaraan Fungsional adalah program untuk mengembangkan kemampuan warga belajar dalam menguasai dan menggunakan keterampilan membaca, menulis, berhitung, berfikir, mengamati, mendengar dan berbicara yang berorientasi pada kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) hubungan antara perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi Program Pendidikan Keaksaraan Fungsional Tingkat Dasar dengan partisipasi ide, (2) hubungan antara perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi Program Pendidikan Keaksaraan Fungsional Tingkat Dasar dengan partisipasi tenaga, (3) hubungan antara perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi Program Pendidikan Keaksaraan Fungsional Tingkat Dasar dengan partisipasi kehadiran. Metode penelitian adalah korelasional. Teknik pengumpulan data angket, dokumentasi dan observasi, analisis data yaitu dengan regresi linear berganda. Hasil dari penelitian partisipasi ide terdapat pada pelaksanaan dan evaluasi Program Pendidikan Keaksaraan Fungsional Tingkat Dasar, partisipasi tenaga terdapat pada perencanaan dan evaluasi Program Pendidikan Keaksaraan Fungsional Tingkat Dasar, dan partisipasi kehadiran terdapat pada pelaksanaan Program Pendidikan Keaksaraan Fungsional Tingkat Dasar.


 

Published
2018-03-23
How to Cite
LESTARI, Winda Dwi; HENDRAWIJAYA, Arief Tukiman; INDRIANTI, Deditiani Tri. HUBUNGAN ANTARA PROGRAM PENDIDIKAN KEAKSARAAN FUNGSIONAL TINGKAT DASAR DENGAN PARTISIPASI WARGA BELAJAR DI KELOMPOK BELAJAR KENITU KABUPATEN JEMBER TAHUN 2013. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 37-43, mar. 2018. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/8111>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v2i1.8111.