PENGARUH POLA ASUH OTORITER TERHADAP SIKAP KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI RAUDHATUL ATHFAL MIFTAHUS SALAM KALIWATES JEMBER

  • Ulin Nafiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Marijono Marijono Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Niswatul Imsiyah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Abstract


Salah satu penentu kemandirian manusia dewasa adalah bagaimana sikap kemandiriannya ketika usia dini. Terdapat banyak hal yang berpengaruh terhadap kemandirian anak, salah satunya adalah pola asuh yang diterapkan oleh orang tua, karena orang tua merupakan pendidik yang utama dan pertama bagi anak. Secara konseptual setiap pola asuh memiliki dampak yang berbeda terhadap kemandirian anak, begitu juga dengan penerapan pola asuh otoriter. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh otoriter terhadap sikap kemandirian anak usia dini. Penelitian ini dilakukan di RA Miftahus Salam Kaliwates Jember dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Metode purposive area digunakan untuk menentukan daerah penelitian. Informan dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi ,dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan menggunakan analisis model Miles dan Huberman yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan mengambil kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pola asuh otoriter memberikan pengaruh yang kurang baik terhadap sikap kemandirian anak di RA Miftahus Salam Kaliwates Jember. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pola asuh otoriter membuat anak menjadi sering bersikap berlebihan ketika di luar rumah, pemilih ketika berteman, dan juga menutup diri, serta anak menjadi kurang berinisiatif dalam pemecahan masalah. Saran yang dapat peneliti berikan adalah hendaknya orang tua menerapkan pola asuh yang baik bagi anak dengan memperhatikan penerapan disiplin dan juga peraturan yang sesuai bagi anak. Untuk RA Miftahus Salam hendaknya lebih sering mengadakan kegiatan parenting terutaman tentang pola asuh dan pengaruhnya terhadap perkembangan anak.


 

Published
2018-03-23
How to Cite
NAFIAH, Ulin; MARIJONO, Marijono; IMSIYAH, Niswatul. PENGARUH POLA ASUH OTORITER TERHADAP SIKAP KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI RAUDHATUL ATHFAL MIFTAHUS SALAM KALIWATES JEMBER. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 29-32, mar. 2018. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/8109>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v2i1.8109.