PENGARUH PEMANFAATAN POTENSI LOKAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP PROGRAM PENDIDIKAN KEAKSARAAN DI KABUPATEN JEMBER

  • Deni Mutta Alimah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Arief Tukiman Hendrawijaya Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Deditiani Tri Indrianti Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Abstract


Potensi lokal merupakan potensi sumber daya spesifik yang dimiliki suatu daerah. Potensi lokal selayaknya dimanfaatkan guna mendukung desentralisasi pendidikan. Program pendidikan keaksaraan yang berada di Kelurahan Antirogo masih menggunakan sumber belajar konvensional. Sehingga, tidak seluruhnya isi modul sesuai dengan kebutuhan warga belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh pemanfaatan potensi lokal sebagai sumber belajar terhadap program pendidikan keaksaraan di Kabupaten Jember? Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan potensi lokal sebagai sumber belajar terhadap program pendidikan keaksaraan di Kabupaten Jember. Manfaat dalam penelitian ini adalah diharapkan mampu menambah pengetahuan dan referensi dalam pemanfaatan potensi lokal sebagai sumber belajar serta dapat memberikan gambaran secara aktual bagi pemangku kebijakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Waktu penelitian selama lima bulan. Teknik penentuan sampel menggunakan metode survey. Data primer diperoleh dari perhitungan hasil pengisian angket, data sekunder diperoleh dari dokumentasi dan studi pustaka. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, angket, dokumentasi dan studi pustaka. Teknik pengolahan data melalui tahapan editing, coding, scoring dan tabulating. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan hasil analisis regresinya diperoleh nilai sebesar 0,731 tergolong cukup tinggi, nilai pengaruh antara sarana pembelajaran kontekstual terhadap program pendidikan keaksaraan sebesar 0,645 tergolong cukup tinggi dan nilai pengaruh antara sarana pembelajaran kontekstual terhadap program pendidikan keaksaraan sebesar 0,605 tergolong cukup tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh pemanfaatan potensi lokal sebagai sumber belajar terhadap program pendidikan keaksaraan di Kabupaten Jember dengan dengan tingkat cukup tinggi.


 

Published
2018-03-23
How to Cite
ALIMAH, Deni Mutta; HENDRAWIJAYA, Arief Tukiman; INDRIANTI, Deditiani Tri. PENGARUH PEMANFAATAN POTENSI LOKAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP PROGRAM PENDIDIKAN KEAKSARAAN DI KABUPATEN JEMBER. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 23-25, mar. 2018. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/8095>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v2i1.8095.