HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PROFESIONAL INSTRUKTUR DENGAN HASIL BELAJAR PADA PESERTA PELATIHAN DI LKP EL-RAHMA KABUPATEN JEMBER

  • Deka Aulia Pratama Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Marijono Marijono Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Deditiani Tri Indrianti Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Abstract


Kompetensi profesional instruktur merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar pada peserta pelatihan. Hasil belajar itu sendiri adalah tujuan dari pembelajaran pada lembaga kursus dan pelatihan. Oleh sebab itu, instruktur harus menguasai kompetensi sebagai seorang pelatih agar dapat memberi pengajaran yang efektif. Berdasarkan latar belakang masalah, maka peneliti dapat merumuskan masalah yaitu adakah hubungan antara kompetensi profesional instruktur dengan hasil belajar pada peserta pelatihan di lembaga kursus dan pelatihan El-Rahma Jember?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah dakah hubungan antara kompetensi profesional instruktur dengan hasil belajar pada peserta pelatihan di lembaga kursus dan pelatihan El-Rahma Jember. Manfaat dari penelitian ini yaitu digunakan sebagai masukan yang terkait dengan kompetensi profesional instruktur dengan hasil belajar untuk peserta pelatihan, instruktur dan pengelola lembaga kursus dan pelatihan El-Rahma Jember, serta prodi PLS. Jenis penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan datanya menggunakan kuesioner dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan rumus korelasi tata jenjang yang dibantu dengan menggunakan alat bantu SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) seri 24.0. Dari proses tersebut diketahui adanya hubungan yang signifikan antara kedua variabel yang menunjukkan bahwa r hitung sebesar 0,713. Jika dikonsultasikan dengan harga r tabel sebesar 0,506 pada taraf kepercayaan 95%, menunjukkan bahwa r hitung > r tabel = 0,713 > 0,506. Saran dari penelitian ini yaitu bagi pengelola dan instruktur agar dapat menguasai kompetensi yang harus dimiliki oleh instruktur. Bagi pembaca skripsi ini dapat kiranya mengambil point penting dari hasil penelitian ini. Bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian lebih lanjut terkait dengan faktor-faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar pada peserta pelatihan.


 

Published
2018-03-23
How to Cite
PRATAMA, Deka Aulia; MARIJONO, Marijono; INDRIANTI, Deditiani Tri. HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PROFESIONAL INSTRUKTUR DENGAN HASIL BELAJAR PADA PESERTA PELATIHAN DI LKP EL-RAHMA KABUPATEN JEMBER. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 20-22, mar. 2018. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/8094>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v2i1.8094.