PERAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH DALAM PEMBINAAN NARAPIDANA ANAK DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIA JEMBER

  • Yulia Nur Rachmawati Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Marijono Marijono Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Niswatul Imsiyah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Abstract


Lembaga pemasayarakatan menjadi tempat anak memperoleh haknya yaitu pendidikan. Pendidikan nonformal diselenggarakan bagi warga masyarakat yang memerlukan layanan pendidikan yang berfungsi sebagai pengganti, penambah, dan/atau pelengkap pendidikan formal. Berdasarkan peran dan fungsinya pendidikan nonformal disesuaikan dengan program pembinaan narapidana yang diselenggarakan di Lapas. Masalah penelitian ini adalah bagaimana peran pendidikan luar sekolah dalam pembinaan narapidana anak di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Jember. Adapun manfaat teoritis dari penelitian ini adalah penelitian ini diharapkan dapat memberi wawasan informasi yang luas dan inovasi yang baru dalam pengembangan ilmu pengetahuan khususnya keilmuan pendidikan nonformal. Sedangkan manfaat praktis dari penelitian ini yaitu hasil penelitian ini diharapkan menjadi salah satu bahan masukan, dan bahan evaluasi dalam meningkatkan kualitas pembinaan narapidana anak khususnya yang berhubungan dalam ranah pendidikan luar sekolah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian ditentukan dengan teknik Purposive Area, yaitu di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Jember. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling, dan teknik penentuan Informan menggunakan teknik Snowball Sampling. Dengan informan kunci yaitu Narapidana Anak serta informan pendukung yaitu Kabag Binadik dan Kabag Bimkeswat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yakni menggunakan perpanjangan penelitian, peningkatan ketekunan, dan triangulasi menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis model Miles dan Huberman yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data yang telah diolah maka dapat diketahui bahwa pendidikan luar sekolah memiliki peran dalam pembinaan narapidana anak LP Kelas IIA Jember melalui program pembinaan kepribadian dan tidak berperan pada pembinaan kemandirian.


 

Published
2018-03-23
How to Cite
RACHMAWATI, Yulia Nur; MARIJONO, Marijono; IMSIYAH, Niswatul. PERAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH DALAM PEMBINAAN NARAPIDANA ANAK DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIA JEMBER. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 17-19, mar. 2018. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/8093>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v2i1.8093.