Peran Pelatihan Tari Terhadap Pelestarian Permainan Tradisional Di Yayasan Untukmu Si Kecil (USK): Rumah Belajar Dan Rumah Bermain Jember

  • Herni Efianti Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Arief Tukiman Hendrawijaya Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Niswatul Imsiyah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Abstract


Permainan tradisional memiliki nilai positif untuk sosialisasi anak. Pada saat ini permainan tradisional telah tergantikan dengan permainan permainan modern yang lebih bersifat individual seperti halnya game online. Oleh karena itu penting adanya pelestarian permainan tradisional yang di mainkan dengan cara yang menarik. Sejak tahun 2009 pendiri Yayasan Untukmu Si Kecil (USK): Rumah Belajar dan Rumah Bermain membuat program yang memadukan antara gerak, irama dan permainan tradisional ke dalam suatu bentuk pelatihan tari yang dapat melestarikan permainan tradisional. Peran Yayasan Untukmu Si Kecil (USK): Rumah Belajar dan Rumah Bermain dalam memberikan pelatihan adalah agar peserta pelatihan dapat mengembangkan bakat, kemampuan serta keterampilannya di bidang tari. Pelatihan tari yang di kombinasikan dengan permainan tradisional merupakan salah satu cara dalam melestarikan budaya permainan tradisional. Dalam kebudayaan terdapat sebuah proses kebudayaan agar diterima oleh masyarakat. Proses kebudayaan antara lain internalisasi, sosialisasi, enkulturasi, evolusi, difusi, akulturasi, asilimasi, dan inovasi Maka penelitian ini dimaksudkan untuk meneliti bagaimana Peran Pelatihan Tari Terhadap Pelestarian Permainan Tradisional Di Yayasan Untukmu Si Kecil (USK): Rumah Belajar dan Rumah Bermain Jember. Manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi teori bagi program pendidikan luar sekolah terutama satuan pendidikan luar sekolah yaitu pelatihan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik penentuan informan menggunakan teknik Purposive Sampling. Kemudian proses pengumpulan datanya menggunakan teknik Snowball Sampling. Dalam pengumpulan datanya peneliti menggunakan 3 teknik yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Supaya kepercayaan terhadap data menjadi tinggi digunakan beberapa teknik pengolahan data yaitu perpanjangan penelitian, peningkatan ketekunan, dan triangulasi sumber serta triangulasi teknik. Pada analisis data menggunakan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peran pelatihan tari terhadap pelestarian permainan tradisional di Yayasan Untukmu Si Kecil: Rumah Belajar dan Rumah Bermain Jember.


 

Published
2018-03-23
How to Cite
EFIANTI, Herni; HENDRAWIJAYA, Arief Tukiman; IMSIYAH, Niswatul. Peran Pelatihan Tari Terhadap Pelestarian Permainan Tradisional Di Yayasan Untukmu Si Kecil (USK): Rumah Belajar Dan Rumah Bermain Jember. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 8-10, mar. 2018. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/8090>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v2i1.8090.