PERAN KADER PKK DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN DASAR KEPALA RUMAH TANGGA PEREMPUAN (STUDI PADA PROGRAM JALIN MATRA DI DESA LAJUK KABUPATEN SIDOARJO)

  • Lailah E. Nahdiyah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Marijono Marijono Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Niswatul Imsiyah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Abstract


Program JALIN MATRA salah satu bentuk pemberdayaan perempuan yang didesain khusus untuk mengoptimalkan program penanggulangan kemiskinan bagi rumah tangga miskin dengan kepala rumah tangga perempuan. dengan melalui fasilitasi akses ekonomi tetapi memerlukan dukungan interaksi secara intensif dari figur yang sudah dikenal secara keseharian. Dan dinilai mampu memberikan perlindungan, berkelanjutan, serta memiliki jiwa sosial. Berdasarkan kebutuhan dasar tersebut figur yang tepat untuk mendampingi kepala rumah tangga perempuan yakni kader PKK Rumusan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peran Kader PKK dalam memenuhi kebutuhan dasar kepala rumah tangga perempuan?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Kader PKK dalam memenuhi kebutuhan dasar kepala rumah tangga perempuan. Hasil penelitian ini akan bermanfaat sebagai refrensi teoritis bagi Program, Studi Pendidikan Luar Sekolah dan secara praktis bagi PKK atau pemerintah maupun non pemerintah untuk membantu perempuan terlepas dari kemiskinan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif, dengan metode kualitatif. Tempat yang digunakan sebagai penelitian berada di Desa Lajuk Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo. Alasan di Desa Lajuk Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo menjadi tempat penelitian berdasarkan metode Purposive Area. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan tehnik snowball sampling. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara serta dokumentasi. Agar kepercayaan terhadap data menjadi tinggi digunakan beberapa tehnik pengolahan data yakni perpanjangan penelitian, peningkatan ketekunan, dan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakanmodel Miles dan Huberman yakni, reduksi data, penyajian data, dan mengambil kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil dari pengolahan data tersebut  bahwa Kader PKK mempunyai peran yaitu sebagai planer, motivator, fasilitator, dan evaluator. Untuk membantu meningkatkan kesehateraan dari segi kebutuhan dasar kepala rumah tangga perempuan yakni pangan. Namun tidak semua yang di miliki oleh Kader PKK berperan. Ada salah satu yang tidak berperan yakni peran sebagai evaluator dalam membantu kebutuhan dasar sandang.Adapun saran peneliti terhadap Kader PKK Hendaknya memaksimalkan pendampingan dalam pelaksanaan program JALIN MATRA.


 

Published
2018-03-23
How to Cite
NAHDIYAH, Lailah E.; MARIJONO, Marijono; IMSIYAH, Niswatul. PERAN KADER PKK DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN DASAR KEPALA RUMAH TANGGA PEREMPUAN (STUDI PADA PROGRAM JALIN MATRA DI DESA LAJUK KABUPATEN SIDOARJO). Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 1-4, mar. 2018. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/8088>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v2i1.8088.