HUBUNGAN ANTARA POLA KOMUNIKASI KELUARGA DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI PAUD CATLEYA 62 DI KABUPATEN JEMBER

  • Diana Habibatul Rohma Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Marijono Marijono Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Deditiani Tri Indrianti Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Abstract


Anak usia dini adalah individu yang sedang mengalami proses pertumbuhan dan berkembang yang sangat pesat. Pada masa ini, sangat penting sekali untuk merangsang perkembangan pada anak terutama pada anak yang mengalami permasalahan perkembangan, salah satunya yaitu perkembangan sosial emosional. Permasalahan perkembangan sosial emosional seperti percaya diri bisa diselesaikan dengan adanya pola komunikasi keluarga. Berdasarkan latar belakang masalah, maka peneliti dapat merumuskan masalah yaitu adakah hubungan antara Pola Komunikasi keluarga Dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Paud Catelya 62 di Kabupaten jember?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara Pola Komunikasi keluarga Dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Paud Catelya 62 di Kabupaten jember. Manfaat dari penelitian ini yaitu dapat menambah pengetahuan dan dijadikan dan referensi tentang pola komunikasi keluarga untuk menyelesaikan permasalahan perkembangan anak usia dini. Jenis penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan data menggunakan angket dan dokumentasi. Kemudian dianalisis menggunakan rumus korelasi tata jenjang yang dibantu dengan menggunakan alat bantu SPSS (Stastistical Package for the Social Scienses) seri 24.0. hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan anatara pola komunikasi keluarga dengan perkembanagn sosial emosional anak usia dini di Paud Catleya 62 Kabupaten Jember. Saran dari penelitian ini yaitu bagi penelola agar lebih memperhatikan atau mengajarkan kepada orang tua peserta didik tentang pentingnya komunikasi di dalam keluarga ketika pertemuan pendidik dan orang tua yang diselenggarakan 1 bulan sekali sehingga pendidik dan orang tua sama- sama mengerti akan permasalahan anak. Bagi peneliti selanjutnya disarankan agar dapat meneliti lebih lanjut yang sehubungan dengan pola komunikasi keluarga dan perkembangan sosial emosional anak usia dini, karena lingkungan rumah akan selalu mempengaruhi tumbuh kembang anak pada pembelajaran anak usia dini.


 

Published
2018-07-13
How to Cite
ROHMA, Diana Habibatul; MARIJONO, Marijono; INDRIANTI, Deditiani Tri. HUBUNGAN ANTARA POLA KOMUNIKASI KELUARGA DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI PAUD CATLEYA 62 DI KABUPATEN JEMBER. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 36-38, july 2018. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/8085>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v1i2.8085.