HUBUNGAN ANTARA METODE PELATIHAN DENGAN KREATIVITAS PESERTA PELATIHAN DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN RESCOM JEMBER

  • Imamas Sholihah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Marijono Marijono Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Niswatul Imsiyah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Abstract


Metode pelatihan merupakan salah satu penunjang keberhasilan dari program pelatihan. Metode pelatihan merupakan setiap kegiatan maupun cara sistematis yang dilakukan oleh sumber belajar agar dapat mengkondisikan penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan untuk mengembangkan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Metode merupakan salah satu komponen penting dalam kegiatan pembelajaran. Pada sebuah program pelatihan, metode yang digunakan sumber belajar sangat beragam sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Dengan adanya metode yang tepat dan sesuai kebutuhan kegiatan belajar mengajar, diharapkan peserta pelatihan mampu memahami materi yang disampaikan sumber belajar sehingga kemampuan peserta pelatihan akan meningkat dan menghasilkan sebuah gagasan maupun karya yang kreatif. Kreativitas merupakan kemampuan seseorang untuk menciptakan sebuah karya dibidang tertentu untuk menghasilkan suatu produk-produk yang menarik dan dianggap sebagai nilai seni. Namun yang perlu diketahui adalah adakah hubungan antara metode pelatihan dengan kreativitas peserta pelatihan, sehingga perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya hubungan antara metode pelatihan dengan kreativitas peserta pelatihan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuatitatif, teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan kepustakaan. Data dianalisis menggunakan analisis korelasi spearman rho yang dihitung secara manual dan dihitung menggunakan aplikasi SPSS (statictical package social sciences) seri 22 Adapun hasil perhitungan menggunakan aplikasi SPSS diperoleh hasil nilai koefisien korelasi sebesar 0,818, nilai signifikansi (2 tailed) sebesar 0,000 dan N=15. Jika dikonsultasikan dengan harga r tabel sebesar 0,506 pada taraf kepercayaan 95% dengan N=15 akan menunjukkan bahwa r hitung > r tabel = 0,818 > 0,506 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara metode pelatihan dengan kreativitas peserta pelatihan di Lembaga Kursus dan Pelatihan Rescom Jember.


 

Published
2018-07-13
How to Cite
SHOLIHAH, Imamas; MARIJONO, Marijono; IMSIYAH, Niswatul. HUBUNGAN ANTARA METODE PELATIHAN DENGAN KREATIVITAS PESERTA PELATIHAN DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN RESCOM JEMBER. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 14-17, july 2018. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/8078>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v1i2.8078.