HUBUNGAN ANTARA PELATIHAN JURNALISTIK DASAR DENGAN KEMAMPUAN MENULIS BERITA DI EKSTRAKURIKULER JURNALISTIK SMA NEGERI 3 JEMBER

  • Rifai Rifai Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Marijono Marijono Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Deditiani Tri Indrianti Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Abstract


Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan non-akademik yang dilaksanakan  oleh guru dan siswa di  luar jam sekolah yang telah ditentukan berdasarkan kurikulum yang berlaku. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk lebih mengaitkan pengetahuan yang diperoleh dalam program kurikuler dengan keadaan dan kebutuhan lingkungan. Guna memperkaya dan memperluas wawasan pengetahuan atau kemampuan.Berdasarkan uraian di atas, penelitian ini mengkaji tentang satuan pendidikan Nonformal, yaitu kegiatan pelatihan jurnalistik dasar di ekstrakurikuler jurnalistik yang ada dalam lingkup pendidikan formal kaitannya untuk kemampuan menulis berita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak adanya hubungan antara pelatihan jurnalistik dasardengan kemampuan menulis berita di ekstrakurikuler jurnalistik SMA Negeri 3 Jember. Daerah penelitian yang digunakan adalah Jl. Jend. Basuki rachmad, No 26, Tegal Besar, Kaliwates, Kabupaten Jember yang telah memenuhi kriteria dengan menggunakan metode Purposive Area. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik Random Sampling. Serta penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitianya adalah korelasional. Sumber data penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah Angket dan Dokumentasi. Kemudian untuk mendapatkan data yang valid peneliti menggunakan Analisis data korelasi Product Momen. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa r hitung > r tabel, yakni 0,425 > 0,361, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara pelatihan jurnalistik dasar dengan kemampuan menulis berita di ekstrakurikuler jurnalistik dasar SMA Negeri 3 Jember.


 

Published
2018-07-13
How to Cite
RIFAI, Rifai; MARIJONO, Marijono; INDRIANTI, Deditiani Tri. HUBUNGAN ANTARA PELATIHAN JURNALISTIK DASAR DENGAN KEMAMPUAN MENULIS BERITA DI EKSTRAKURIKULER JURNALISTIK SMA NEGERI 3 JEMBER. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 11-13, july 2018. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/8077>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v1i2.8077.