HUBUNGAN ANTARA SENAM IRAMA DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN BUNGA BANGSA KERTOSARI KECAMATAN PASRUJAMBE KABUPATEN LUMAJANG

  • Nurlaili Arumnintyas Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Marijono Marijono Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Niswatul Imsiyah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Abstract


Kegiatan senam irama merupakan sebuah pembelajaran pengembangan motorik kasar pada anak yang dilakukan dengan bermain sambil belajar. Aktifitas yang dilakukan dalam senam irama diharapkan dapat menyenangkan sekaligus menyentuh kepekaan akan irama musik dan perkembangan motorik kasar, sehingga menunjang pertumbuhan jasmani yang sehat, kuat, dan terampil. Namun yang perlu diketahui adalah seberapa besar hubungan antara senam irama dengan perkembangan motorik kasar anak usia dini. Sehingga perlu diadakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara senam irama dengan perkembangan motorik kasar anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang pengambilan datanya menggunakan instrumen berupa lembar observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan rumus korelasi tata jenjang. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa r hitung > r tabel = 0,921 > 0,591, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara senam irama dengan perkembangan motorik kasar anak usia dini di Kelompok Bermain Bunga Bangsa Kertosari Kecamatan Pasrujambe Kabupaten Lumajang.


 

Published
2018-07-13
How to Cite
ARUMNINTYAS, Nurlaili; MARIJONO, Marijono; IMSIYAH, Niswatul. HUBUNGAN ANTARA SENAM IRAMA DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN BUNGA BANGSA KERTOSARI KECAMATAN PASRUJAMBE KABUPATEN LUMAJANG. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 8-10, july 2018. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/8076>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v1i2.8076.