Hubungan antara Peran Tutor dengan Motivasi Belajar pada Warga Belajar Kejar Paket C di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bondowoso

  • Insan Annisa Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Arief Tukiman Hendrawijaya Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Deditiani Tri Indrianti Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Abstract


Program Kejar Paket C Merupakan satuan pendidikan Non Formal sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan dalam pasal 26 ayat (4) No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bondowoso merupakan salah satu lembaga mengadakan proses pembelajaran bagi masyarakat putus sekolah karena keterbatasan ekonomi dan ada juga karena mengalami masalah di sekolah formalnya sehingga menyebabkan putus sekolah. Setiap tahun ajaran baru banyak kalangan masyarakat yang berminat untuk mengikuti kejar paket c, karena peran penting Sanggar Kegiatan Belajar terhadap peningkatan taraf hidup masyarakat di sekitar khususnya bagi mereka yang tidak mempunyai ijazah karena putus sekolah, setelah mengikuti program kejar paket c warga belajar terutama bagi mereka yang telah lulus bisa langsung melamar pekerjaan atau melanjutkan jenjang pendidikan selanjutnya. Berdasarkan  hal tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti adakah hubungan antara peran tutor dengan motivasi belajar pada warga belajar kejar paket c di sanggar kegiatan belajar kabupaten bondowoso. Hal ini bertujuan untuk untuk mengetahui hubungan antara peran tutor dengan motivasi belajar pada warga belajar kejar paket c di sanggar kegiatan belajar kabupaten bondowoso.


 

Published
2018-07-13
How to Cite
ANNISA, Insan; HENDRAWIJAYA, Arief Tukiman; INDRIANTI, Deditiani Tri. Hubungan antara Peran Tutor dengan Motivasi Belajar pada Warga Belajar Kejar Paket C di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bondowoso. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 1-3, july 2018. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/8074>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v1i2.8074.