PERAN INSTRUKTUR TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERKENDARA DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN PROFIT KABUPATEN BONDOWOSO TAHUN 2015

  • Zelfy Helmiyana Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Arief Tukiman Hendrawijaya Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Deditiani Tri Indrianti Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Abstract

Penelitian yang diadakan di Lembaga Kursus dan Pelatihan mengemudi Profit ini bertujuan untuk mengetahui peran
instruktur terhadap peningkatan kemampuan bekendara peserta pelatihan. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian
deskriptif dengan pendekatan kualitatif, sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode
wawancara, observasi dan dokumentasi. Penentuan informan penelitian menggunakan purposive sampling. Pengolahan data
dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, dan triangulasi sedangkan analisis data meliputi pengumpulan
data, reduksi, penyajian, dan verifikasi. Hasil penelitiannya adalah adanya peran instruktur dalam peningkatan kemampuan
berkendara ranah kognitif yaitu setelah instruktur memberikan materi atau pengetahuan tentang mengemudi kendaraan roda
empat dan bagian-bagian mobil, peserta pelatihan yang awalnya tidak mengerti atau paham tentang kendaraan roda empat
setelah mengikuti pelatihan mengemudi terjadi peningkatan kemampuan yaitu peserta dapat menguasai materi dengan baik
dan mengerti tentang bagian-bagian mobil. Peran instruktur dalam peningkatan kemampuan berkendara ranah afektif, terlihat
pada kemampuan peserta pelatihan satelah instruktur memberikan pemahaman etika berkendara, terjadi peningkatan
kemampuan pada peserta pelatihan yaitu mematuhi peraturan rambu-rambu lalu lintas dan peserta pelatihan mampu bersikap
baik saat mengemudi dengan tidak melewati batas marka yang telah ditentukan. Peran instruktur dalam peningkatan
kemampuan berkendara ranah psikomotor yaitu pada kemampuan peserta pelatihan setelah instruktur memberikan praktek
langsung kepada peserta, peningkatan yang terjadi yaitu peserta mampu mengoprasikan dan mengemudikan kendaraan roda
empat dengan baik, benar dan aman. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu adanya peran instruktur yaitu sebagai pendidik,
fasilitator dan motivator terhadap peningkatan kemampuan berkendara peserta pelatihan yaitu pada ranah kognitif (berfikir),
afektif (sikap) dan psikomotor (keterampilan)

Published
2017-03-24
How to Cite
HELMIYANA, Zelfy; HENDRAWIJAYA, Arief Tukiman; INDRIANTI, Deditiani Tri. PERAN INSTRUKTUR TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERKENDARA DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN PROFIT KABUPATEN BONDOWOSO TAHUN 2015. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 39-41, mar. 2017. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/8073>. Date accessed: 14 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v1i1.8073.