DAMPAK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT TERHADAP STATUS GIZI BAYI : STUDY PADA PNPM GENERASI SEHAT DAN CERDAS DI DESA MUNGKUNG KECAMATAN REJOSO KABUPATEN NGANJUK

  • Tyara Oktavianti Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Arief Tukiman Hendrawijaya Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Niswatul Imsiyah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Abstract

Upaya  pemenuhan gizi  di  Indonesia  sering terabaikan sehingga perlu dilakukan pemberdayaan bidang kesehatan salah
satunya melalui PNPM Generasi Sehat  dan Cerdas.  Sehingga rumusan masalah penelitian ini  adalah bagaimana dampak
pemberdayaan masyarakat  terhadap status gizi  bayi:  Study pada PNPM Generasi  Sehat  dan Cerdas  di Desa Mungkung
Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk? Tujuannya mengetahui dampak pemberdayaan masyarakat terhadap status gizi bayi.
Penelitian  ini  menggunakan  jenis  penelitian  deskriptif  dengan  pendekatan  kualitatif,  teknik  penentuan  informan
menggunakan snowball, informasi diperoleh melalui wawancara, observasi, & dokumentasi. Informan kunci adalah ibu bayi
dan  informan  pendukung  adalah  pengelola  program.  Pengolahan  data  dengan  perpanjangan  keikutsertaan,  ketekunan
pengamat, & triangulasi. Sedangkan analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan program ini berdampak positif terhadap status gizi bayi. Kesadaran kesehatan ibu bayi baik
namun pengetahuan kesehatan bayi  bervariasi  tergantung pengalaman,  tingkat  pendidikan, dan keadaan sosial  ekonomi,
namun  kemampuan  mengambil  tindakan  masih  terbatas.  Sehingga  disarankan  masyarakat  lebih  memanfaatkan  setiap
kegiatan terkait, dan perlu diadakan tindak lanjut kegiatan.  

Published
2017-03-24
How to Cite
OKTAVIANTI, Tyara; HENDRAWIJAYA, Arief Tukiman; IMSIYAH, Niswatul. DAMPAK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT TERHADAP STATUS GIZI BAYI : STUDY PADA PNPM GENERASI SEHAT DAN CERDAS DI DESA MUNGKUNG KECAMATAN REJOSO KABUPATEN NGANJUK. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 32-35, mar. 2017. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/8071>. Date accessed: 14 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v1i1.8071.