PERAN PENDIDIK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI TAMAN POSYANDU BOEGENVIL DI KELURAHAN KEBONSARI KULON KECAMATAN KANIGARAN KOTA PROBOLINGGO
Abstract
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah salah satu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai
dengan usia enam tahun, yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan
perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Peran Pendidik Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di Taman
Posyandu Boegenvil di Kelurahan Kebonsari Kulon Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo?. Tujuan penelitian adalah
untuk mengetahui Peran Pendidik Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di Taman Posyandu Boegenvil di
Kelurahan Kebonsari Kulon Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif
kualitatif. Penentuan daerah penelitian ini menggunakan teknik Snowball sampling. Hasil temuan menunjukkan bahwa,
pembentukan karakter pada anak sangat dibutuhkan karena dapat merubah perkembangan mereka menjadi baik, seperti
mandiri, disiplin, dan tanggung jawab serta mempunyai akhlak yang baik. Kesimpulan dari peneliti ini bahwa peran pendidik
dalam pembentukan karakter anak usia dini sangat perlu dilakukan sejak dini, akan membangkitkan kemandirian pada anak
dan kedisiplinan. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti untuk pendidik, hendaknya pendidik memiliki peran yang baik
agar menjadikan anak yang memiliki karakter yang baik dan pendidik juga harus memiliki kemampuan menciptakan kegiatan
belajar yang menarik agar anak mau bersekolah.