Korelasi Antara Strategi Pembelajaran Dengan Prestasi Belajar Warga Belajar Pada Kelompok Belajar Paket C Kelas X Di UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember
Abstract
Program kesetaraan adalah program pendidikan luar sekolah yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan yang setara
dengan pendidikan formal. Tingkat pendidikan formal yang mengacu pada kesetaraan adalah SD, SMP, dan SMA/SMK.
Program ini memerlukan suatu tindakan khusus dalam melaksanakan suatu proses pembelajaran yang salah satunya adalah
pemilihan strategi yang tepat agar prestasi yang didapat oleh warga belajar diraih maksimal . Rumusan masalah adalah seberapa
besar korelasi antara strategi pembelajaran dengan prestasi belajar warga belajar pada kelompok belajar paket c kelas x di UPTD
Dinas Pendidikan Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Tujuan dari penelitian mengetahui korelasi strategi belajar dengan
prestasi belajar. Manfaat dari penelitian mendukung pengembangan Program Pendidikan Kesetaraan. Penelitian ini menggunakan
jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi serta tehnik populasi
analisis data menggunakan korelasi tata jenjang (Range Difference Corelation). Hasil penelitian tingkat korelasi antara Strategi
Pembelajaran dengan Prestasi sebesar 0.796 sebagai r hitung. Sedangkan korelasi terbesar strategi pembelajaran didaktik dengan
kompetensi kecakapan hidup yaitu sebesar 0.769 dan tingkat korelasi terkecil strategi pembelajaran partisipasi dengan
kompetensi akademik 0.563. Kesimpulan adanya korelasi yang tinggi Antara Strategi Pembelajaran Dengan Prestasi Belajar
Warga. Saran penyelenggara lebih memberikan sosialisasi kepada masyarakat sekitar