Korelasi Antara Strategi Pembelajaran Dengan Prestasi Belajar Warga Belajar Pada Kelompok Belajar Paket C Kelas X Di UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember

  • Bayu Zumar Dewantoro Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Arief Tukiman Hendrawijaya Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Niswatul Imsiyah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Abstract

Program kesetaraan adalah program pendidikan luar sekolah yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan yang setara
dengan  pendidikan  formal.  Tingkat  pendidikan  formal  yang  mengacu  pada  kesetaraan  adalah  SD,  SMP,  dan  SMA/SMK.
Program ini  memerlukan suatu tindakan khusus  dalam melaksanakan suatu proses  pembelajaran yang salah satunya adalah
pemilihan strategi yang tepat agar prestasi yang didapat oleh warga belajar diraih maksimal  . Rumusan masalah adalah seberapa
besar korelasi antara strategi pembelajaran dengan prestasi belajar warga belajar pada kelompok belajar paket c kelas x di UPTD
Dinas Pendidikan Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Tujuan dari penelitian mengetahui korelasi strategi belajar dengan
prestasi belajar. Manfaat dari penelitian mendukung pengembangan Program Pendidikan Kesetaraan. Penelitian ini menggunakan
jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan angket,  observasi dan  dokumentasi  serta tehnik populasi
analisis data menggunakan korelasi tata jenjang (Range Difference Corelation). Hasil penelitian tingkat korelasi antara Strategi
Pembelajaran dengan Prestasi sebesar 0.796 sebagai r hitung. Sedangkan korelasi terbesar strategi pembelajaran didaktik dengan
kompetensi  kecakapan  hidup  yaitu  sebesar  0.769  dan  tingkat  korelasi  terkecil  strategi  pembelajaran  partisipasi  dengan
kompetensi akademik 0.563.  Kesimpulan  adanya korelasi  yang tinggi Antara Strategi  Pembelajaran Dengan Prestasi  Belajar
Warga. Saran penyelenggara lebih memberikan sosialisasi kepada masyarakat sekitar   

Published
2017-03-24
How to Cite
DEWANTORO, Bayu Zumar; HENDRAWIJAYA, Arief Tukiman; IMSIYAH, Niswatul. Korelasi Antara Strategi Pembelajaran Dengan Prestasi Belajar Warga Belajar Pada Kelompok Belajar Paket C Kelas X Di UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 25-27, mar. 2017. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/8069>. Date accessed: 24 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v1i1.8069.