HUBUNGAN ANTARA METODE PEMBIASAAN DENGAN SIKAP RELIGIUS ANAK USIA DINI DI PAUD KELOMPOK BERMAIN MAWAR 02 KABUPATEN LUMAJANG
Abstract
Metode pembiasaan merupakan cara orang tua maupun pendidik dalam membiasakan anak yang dilakukan secara berulangulang
untuk
membentuk
sikap
dan
perilaku
yang
relatif
menetap,
agar
anak
memiliki
kebiasaan-kebiasaan
yang
baik
dalam
bertindak
dan melakukan suatu kegiatan positif serta bernilai religius dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan latar
belakang masalah, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu adakah hubungan antara metode pembiasaan dengan
sikap religius anak usia dini di PAUD Kelompok Bermain Mawar 02 Kabupaten Lumajang?. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui hubungan antara metode pembiasaan dengan sikap religius anak usia dini di PAUD Kelompok Bermain
Mawar 02 Kabupaten Lumajang. Manfaat penelitian ini yaitu sebagai informasi dan referensi mengenai hubungan antara
metode pembiasaan dengan sikap religius anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan
pengambilan data menggunakan instrumen berupa lembar observasi ceklis dan dokumentasi, kemudian dianalisis
menggunakan rumus korelasi tata jenjang. Dari analisis tersebut diketahui ada hubungan antara kedua variabel yang
menunjukkan bahwa r
hitung
sebesar 0,829. Apabila dikonsultasikan dengan harga rkritik
sebesar 0,497 pada taraf
kepercayaan 95% maka menunjukkan bahwa r
hitung
≥ r
kritik
= 0,829 ≥ 0,497. Apabila dipresentasekan, metode pembiasaan
memberikan kontribusi sebesar 68,72% terhadap sikap religius anak usia dini, sedangkan sisanya 31,28% dipengaruhi oleh
faktor-faktor lain. Saran ditujukan kepada pengelola lembaga PAUD Kelompok Bermain Mawar 02 Kabupaten Lumajang
agar meningkatkan kualitas dan membekali anak didik dengan pembiasaan–pembiasaan yang patut diteladani sehingga anak
dapat mengembangkan sikap religiusnya sejak dini.