Penerapan Model Empat Langkah Pada Program Pelatihan Desain Canva Di MT Alfikri

  • Sekar Hayuning Nur Ramadhani Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Ani Safitri Universitas Ibn Khaldun Bogor

Abstract

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan penggunaan teknologi khususnya dalam bidang desain kepada santri majelis taklim Alfikri di RT.03/RW.06 Desa Sukabirus, Kecamatan Megamendung melalui Pelatihan desain yang diselenggarakan dengan memanfaatkan aplikasi desain canva dan menerapkan konsep model pelatihan empat langkah dari Crone Hunter denganĀ  tahapan pertama membuat kelompok belajar terlebih dahulu yaitu membentuk kelompok belajar, kemudian melakukan identifikasi kebutuhan kepada para peserta pelatihan, setelah itu memilih metode pembelajaran dan mempersiapkan bahan ajar, kemudian terkahir adalah pelaksanaan sekaligus evaluasi. Untuk mengukur hasil dari pelatihan desain canva ini menggunakan instrument pre-test dan post-test yang dibagikan kepada 10 responden. Hasil kegiatan pelatihan desain canva ini menunjukkan bahwa kelompok santri memiliki motivasi untuk mempelajari desain dan dapat membuat produk desain infografis yang menarik. Tantangan yang dihadapi oleh para peserta pelatihan ialah karena mereka pemula dalam membuat desain. Maka ada beberapa kesulitan yang mereka alami dalam penggunaan fitur-fitur yang ada pada aplikasi canva. Keterampilan,ini bisa mereka manfaatkan untuk terus berkarya dalam menghasilkan suatu produk yang bermanfaat bagi majelis taklim tempat mereka menimba ilmu.

Published
2023-03-31
How to Cite
RAMADHANI, Sekar Hayuning Nur; SAFITRI, Ani. Penerapan Model Empat Langkah Pada Program Pelatihan Desain Canva Di MT Alfikri. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 86-91, mar. 2023. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/36336>. Date accessed: 05 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v7i1.36336.