Pengelolaan Program Bimbingan Belajar Cerdas Berprestasi Kutabumi Kabupaten Tangerang

  • Innar Restyan Murtifalaah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nia Hoerniasih Pendidikan Masyarakat Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ika Rizqi Meilya Pendidikan Masyarakat Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Efektivitas pengelolaan program bimbingan belajar merupakan rangkaian kegiatan yang memiliki keterkaitan secara bertahap dan ditujukan untuk mencapai tujuan. Penelitian ini bertujuan­ untuk mendeskripsikan tentang kegiatan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan program bimbingan belajar di Cerdas Berpretasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dan yang menjadi subjek dalam penelitian adalah satu orang pengelola dan satu orang pendidik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan pemaparan hasil penelitian dijelaskan sebagai berikut: (1) Perencanaan progam yang dilakukan adalah menentukan tujuan, mengidentifikasi pendidik, mengidentifikasi kebutuhan sasaran. (2) Pengorganisasian program yang dilakukan adalah membuat struktur organisasi, pemberian tanggung jawab sesuai dengan latar belakang pendidikan para pendidik, serta mengelola sarana prasarana agar menunjang menunjang proses pembelajaran. (3) Penggerakan program yang dilakukan adalah pengelola selaku pihak yang bertanggung jawab dalam mengelola­ program secara menyeluruh memberi arahan kepada para pendidik dalam melaksanakan proram bimbingan belajar. (4) Pengawasan yang dilakukan adalah memastikan peserta didik dapat mengimplementasikan materi seletah mengikuti program bimbel dengan_evaluasi tertulis memastikan tujuan program sudah terlaksana.

Published
2023-03-31
How to Cite
MURTIFALAAH, Innar Restyan; HOERNIASIH, Nia; MEILYA, Ika Rizqi. Pengelolaan Program Bimbingan Belajar Cerdas Berprestasi Kutabumi Kabupaten Tangerang. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 36-43, mar. 2023. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/33467>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v7i1.33467.