Perkembangan Kognitif Anak Usia 3-4 Tahun melalui Kegiatan Kolase di Kelompok Bermain Mawar Kabupaten Lumajang

  • Sella Nindy Fatika Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Arief Tukiman Hendrawijaya Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Irliana Faiqotul Himmah Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya hubungan kognitif anak usia 4-3 tahun melalui kegiatan kolase di Kelompok Bermain Mawar Kabupaten Lumajang. Manfaat penelitian ini yaitu dapat dijadikan bahan perbandingan peneliti lain yang mengkaji tentang hubungan perkembangan kognitif anak usia 3-4 tahun dengan kegiatan kolase. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Kelompok Bermain Mawar Kabupaten Lumajang dipilih sebagai tempat penelitian berdasarkan teknik purposive area. Subyek dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik populasi, sehingga subyek penelitiannya ialah seluruh anak usia 3-4 tahun di Kelompok Bermain Mawar Kabupaten Lumajang yang berjumlah 16 orang.Metode pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi, dianalisis menggunakan rumus korelasi tata jenjang yang dibantu dengan menggunakan alat hitung SPSS. Hasil perhitungan sebesar 0,609 dengan presentase 37,09%. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara perkembangan kognitif anak usia 3-4 tahun dengan kegiatan kolase di Kelompok Bermain Mawar Kabupaten Lumajang

Published
2021-09-30
How to Cite
FATIKA, Sella Nindy; HENDRAWIJAYA, Arief Tukiman; HIMMAH, Irliana Faiqotul. Perkembangan Kognitif Anak Usia 3-4 Tahun melalui Kegiatan Kolase di Kelompok Bermain Mawar Kabupaten Lumajang. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 25-28, sep. 2021. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/30812>. Date accessed: 04 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v5i2.30812.