Perubahan Perilaku Belanja Pada Kelompok Perempuan (Studi Pada Gerakan Perempuan Dalam Media Sosial Melalui Komunitas “Pasar Kita”)

  • Kristia Cahyaningdyah Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Deditiani Tri Indrianti Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Frimha Purnamawati Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh meningkatnya angka pengguna digital smartphone dan juga meningkatnya aktivitas belanja online di Indonesia. Keberadaan gerakan perempuan dalam media sosial dapat menjadi wadah perempuan untuk mendapat dan menambah pengetahuan dan keterampilan.  Penelitian ini dilakukan pada komunitas “Pasar Kita” di Kabupaten Jember. Tujuan penelitian ini untuk menemukan dan mengidentifikasi besarnya peran gerakan perempuan   dalam   media   sosial   terhadap   perubahan   perilaku   belanja   pada   kelompok perempuan. Jumlah responden 156 orang dipilih menggunakan teknik purpusive samplimg. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan  regresi  linear  sederhana  yang dihitung  menggunakan  software  SPSS  versi  24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan perempuan dalam gerakan di media sosial dapat  berperan  dalam  perubahan  perilaku  belanja  kelompok  perempuan.

Published
2021-09-30
How to Cite
CAHYANINGDYAH, Kristia; INDRIANTI, Deditiani Tri; PURNAMAWATI, Frimha. Perubahan Perilaku Belanja Pada Kelompok Perempuan (Studi Pada Gerakan Perempuan Dalam Media Sosial Melalui Komunitas “Pasar Kita”). Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 8-13, sep. 2021. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/30808>. Date accessed: 04 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v5i2.30808.