Perubahan Perilaku Belanja Pada Kelompok Perempuan (Studi Pada Gerakan Perempuan Dalam Media Sosial Melalui Komunitas “Pasar Kita”)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh meningkatnya angka pengguna digital smartphone dan juga meningkatnya aktivitas belanja online di Indonesia. Keberadaan gerakan perempuan dalam media sosial dapat menjadi wadah perempuan untuk mendapat dan menambah pengetahuan dan keterampilan. Penelitian ini dilakukan pada komunitas “Pasar Kita” di Kabupaten Jember. Tujuan penelitian ini untuk menemukan dan mengidentifikasi besarnya peran gerakan perempuan dalam media sosial terhadap perubahan perilaku belanja pada kelompok perempuan. Jumlah responden 156 orang dipilih menggunakan teknik purpusive samplimg. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana yang dihitung menggunakan software SPSS versi 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan perempuan dalam gerakan di media sosial dapat berperan dalam perubahan perilaku belanja kelompok perempuan.