Kontribusi Kompetensi Pengelola Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) Dalam Efektivitas Pelatihan Tata Kecantikan Rambut Di Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) Widhi Jember

  • Anafiyati Anafiyati Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Niswatul Imsiyah Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Abstract

Kontribusi kompetensi pengelola LKP menjadi salah satu hal yang berpengaruh terhadap efektivitas pelatihan yang dilaksanakan. Dalam hal ini jika pelatihan yang dilaksanakan dapat berjalan efektif tentu akan mempengaruhi kualitas lulusan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kontrbusi kompetensi pengelola Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) dalam efektivitas  pelatihan  tata kecantikan rambut  di Lembaga Kursus  dan  Pelatihan  (LKP)  Widhi Jember. Penentuan tempat dalam penelitian ini menggunakan teknik  purposive area yaitu di Kecamatan Sumber Sari Kabupaten Jember. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Triangulasi yang digunakan yaitu triangulasi teknik dan sumber.   Hasil   penelitian   menggambarkan   bahwa   kompetensi   pengelola   LKP   meliputi kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi manajerial, kompetensi kewi rausahaan. Efektivitas pelatihan tidak lepas dari kontribusi kompetensi pengelola LKP, efektivitas pelatihan meliputi reaksi, perubahan perilaku dan hasil.

Published
2021-03-25
How to Cite
ANAFIYATI, Anafiyati; IMSIYAH, Niswatul. Kontribusi Kompetensi Pengelola Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) Dalam Efektivitas Pelatihan Tata Kecantikan Rambut Di Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) Widhi Jember. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 1-5, mar. 2021. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/25352>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v5i1.25352.