Implementasi Pembelajaran Program Pendidikan Kesetaraan Paket C Terhadap Peningkatan Taraf Hidup Warga Belajar Di PKBM Al Muttaqin Kabupaten Jember

  • Moh Rifan Fuadi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Irliana Faiqotul Himmah Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran program pendidikan kesetaraan paket C yang meliputi input, proses dan output pembelajaran kesetaraan paket C, serta menggambarkan peningkatan taraf hidup warga belajar melalui paket C di PKBM Al Muttaqin. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif. Informan pada penelitian ini yaitu warga belajar, pengelola PKBM AL Muttaqin, dan Tutor di PKBM Al Muttaqin. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang dilakukan yaitu perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi (sumber, dan teknik). Analisis data menggunakan pengumpulan data reduksi data, display data, dan verifikasi data. Dari hasil penelitian memperoleh beberapa temuan yaitu input pembelajaran paket C yaitu dengan membuat dan menuliskan tujuan pembelajaran, membuat silabus, menentukan materi pelajaran, metode dan media pembelajaran. Kemudian proses pembelajaran yang dilakukan berupa kegiatan tutorial, tatap muka, dan mandiri. Kegiatan yang dilakukan saat pembelajaran antara lain, diskusi dengan tutor, menjawab soal dalam modul dan LKS, PR dalam upaya belajar mandiri. PKBM Al muttaqin juga menerapkan pembelajaran partisipatif model keterampilan fungsional dan kewirausahaan kepada warga belajar Kejar Paket C. Output yang muncul yaitu adanya peningkatan taraf hidup baik dari sisi ekonomi maupun sisi pendidikan pada warga belajar di PKBM Al Muttaqin. Peningkatan ekonomi yang dirasakan warga belajar yaitu penghasilan mereka yang bertambah karena penghasilan naik saat mendapat pekerjaan baru yang lebih layak dari ilmu dan ijazah yang didapatkan maupun dari usaha yang mereka pelajari saat proses paket C.

Published
2021-03-25
How to Cite
FUADI, Moh Rifan; HIMMAH, Irliana Faiqotul. Implementasi Pembelajaran Program Pendidikan Kesetaraan Paket C Terhadap Peningkatan Taraf Hidup Warga Belajar Di PKBM Al Muttaqin Kabupaten Jember. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 43-50, mar. 2021. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/25295>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v5i1.25295.