Penerapan Pendidikan Kesehatan Reproduksi Dengan Metode Hypnoparenting : Study Sekolah Perempuan Jember

  • Gina Sakinah Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Sylva Alkornia Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Abstract

Penerapan pendidikan kesehatan reproduksi sering dianggap tabu oleh banyak masyarakat khususnya bagi para orang tua. Akibat yang muncul dari kurangnya pemahaman pendidikan kesehatan anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan kesehatan reproduksi pada orang tua anak usia dini di sekolah perempuan Jember. Penentuan tempat ditentukan dengan metode Purposive Area. Untuk menggali data peneliti menggunakan teknik snowball sampling dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yaitu dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, peningkatan ketekunan, dan teknik triangulasi sumber, waktu dan teknik. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian yang diperoleh yaitu penerapan pendidikan kesehatan reproduksi dilakukan dengan menggabungkan aspek menjaga kebersihan diri dan cara menjaga diri dari kekerasan seksual. Untuk membangun komunikasi dalam menyampaikan pesan kesehatan reproduksi  yang baik antara orangtua dan anak maka penerapan metode hypnoparenting dilakukan dengan memperhatikan pemilihan waktu efektif, alat bantu dan naskah sugesti. Sehingga didapat hasil bahwa orangtua memiliki pandangan yang positif terhadap pendidikan kesehatan reproduksi tanpa berfikir tabu lagi

Published
2021-03-25
How to Cite
SAKINAH, Gina; ALKORNIA, Sylva. Penerapan Pendidikan Kesehatan Reproduksi Dengan Metode Hypnoparenting : Study Sekolah Perempuan Jember. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 38-42, mar. 2021. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/25293>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v5i1.25293.