Kompetensi Tutor Dalam Proses Pembelajaran Program Keaksaraan Fungsional di LAPAS Klas II A Jember

  • Rusli Hardianto Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Niswatul Imsiyah Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Abstract

Tujuan penelitian yang dilakukan ialah untuk mendeskripsikan kompetensi tutor dalam proses pembelajaran program keaksaraan fungsional di LAPAS Klas II A Jember. Penelitian ini penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik penentuan informan penelitian dalam penelitian ini menggunakan snowball sampling, informan penelitian ini tutor, warga belajar dan ketua komunitas Turun Tangan Jember. Teknik keabsahan data penelitian ini dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi sumber, triangulasi teknik.  Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman dengan langkah-langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian kompetensi tutor memberikan  hasil  yang  baik  pada  proses  pembelajaran  program  keaksaraan  fungsional  di LAPAS Klas II A Jember. Tutor yang memiliki kompetensi dan menerapkan ke-empat kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial dapat mengatasi masalah-masalah yang terjadi dengan baik pada program dan proses pembelajaran pada bahan atau materi belajar, metode dan media.


 

Published
2021-03-25
How to Cite
HARDIANTO, Rusli; IMSIYAH, Niswatul. Kompetensi Tutor Dalam Proses Pembelajaran Program Keaksaraan Fungsional di LAPAS Klas II A Jember. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 6-12, mar. 2021. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/25286>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v5i1.25286.