OPTIMALISASI FUNGSI EDUKASI KELUARGA DI MASA PENDEMI COVID-19

  • Lili Dasa Putri Pendidikan Luar Sekolah FIP Universitas Negeri Padang

Abstract

Artikel ini bertujuan mengetahui bagaimana kondisi pelaksaan fungsi orangtua sebagai pendidik dalam keluarga dimasa pandemi. Pandemi Covid 19 merubah tatanan kehidupan di semua aspek dan tak terkecuali aspek pendidikan. Proses belajar mengajar yang biasanya dilaksanakan di rumah dan didampingi oleh guru kini beralih dilakukan di rumah dan dibimbing oleh orang tua. Kondisinya ini pastinya memberikan sensasi yang berbeda kepada orang tua selaku pengambil ahli fungsi guru disekolah, orang tua sebagai pendidik, pembimbing, penjaga serta pengawas harus mampu menjalankan fungsinya untuk tercapainya tujuan pembelajaran di rumah. Orangtua sebagai role model bagi anak juga harus mempu memotivasi serta memberikan contoh bagaimana belajar yang baik dan mampu mengerjakan tugas terkait pelajaran yang diberikan oleh sekolah. Disisi lain orangtua juga harus dapat menyeimbangi pelaksaan atau tugas lainnya yaitu bermain bersama anak, menafkahi keluarga, melakukan pengawasan pada anggota keluarga, memastikan kesehatan anggota keluarga dan lain-lainnya tanpa mengabaikan pelaksanaan tugas sebagai fungsi edukasi bagi anak dapat optimal.

Published
2020-09-30
How to Cite
PUTRI, Lili Dasa. OPTIMALISASI FUNGSI EDUKASI KELUARGA DI MASA PENDEMI COVID-19. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 56-61, sep. 2020. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/21299>. Date accessed: 01 aug. 2021. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v4i2.21299.