PROGRAM KELUARGA HARAPAN DAN KEBERDAYAAN MASYARAKAT: STUDI PEMENUHAN KEBUTUHAN KESEHATAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM KELUARGA HARAPAN

  • Hairus Sofiana Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Arief Tukiman Hendrawijaya Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Abstract

Keberdayaan masyarakat disini berkaitan dengan kesadaran mereka dalam memahami pentingnya hidup sehat. Program Keluarga Harapan (PKH) memberikan sumbangsih terhadap tingkat keberdayaan masyarakat terutama perubahan perilaku masyarakat terutama dalam pemenuhan kebutuhan kesehatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, penentuan tempat penelitian menggunakan metode purposive area. Maka peneliti memilih melaksanakan penelitian di Kelurahan Mimbaan Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo. Teknik penentuan informan menggunakan teknik snowball sampling. Sedangkan pengumpulan datanya menggunakan tiga teknik yaitu wawanara, observasi dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis dan penyajian data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberdayaan masyarakat ditentukan oleh kesadaran dalam diri masyarakat itu sendiri. Hadirnya Program Keluarga Harapan (PKH) di sini tidak menjamin mengubah masyarakat berdaya dengan cepat. Selain itu program bantuan ini juga menjadi wadah bagi masyarakat untuk meningkatkan taraf hidupnya secara tidak langsung, terutama dalam pemenuhan kebutuhan kesehatannya.

Published
2020-09-30
How to Cite
SOFIANA, Hairus; HENDRAWIJAYA, Arief Tukiman. PROGRAM KELUARGA HARAPAN DAN KEBERDAYAAN MASYARAKAT: STUDI PEMENUHAN KEBUTUHAN KESEHATAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM KELUARGA HARAPAN. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 46-49, sep. 2020. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/21297>. Date accessed: 01 aug. 2021. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v4i2.21297.