PELATIHAN OPERATOR BORDIR TERHADAP MOTIVASI USAHA MANDIRI PADA PESERTA PELATIHAN DI UNIT PELAKSANA TEKNIS BALAI LATIHAN KERJA JEMBER

  • Mei Lutfi Rizqiana Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Fuad Hasan Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Abstract

Dampak pelatihan terhadap motivasi berwirausaha menjadi salah satu bentuk keberhasilan peserta pelatihan terhadap perkembangan setelah berakhirnya program pelatihan. Dalam hal ini peserta pelatihan bisa mengasah ketrampilannya kembali dengan mendirikan sebuah usaha mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dampak pelatihan operator bordir terjadap motivasi usaha mandiri pada peserta pelatihan di Unit Pelaksana Teknis Balai Latihan Kerja Jember. Penentuan tempat pada penelitian ini menggunakan teknik purposive area yaitu di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Teknik penentuan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling kemudian teknik dalam memperoleh data dari informan menggunakan teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Analisis data dilakukan dengan analisis sebelum di lapangan dan analisis di lapangan. Hasil penelitian menggambarkan bahwa dampak pelatihan operator bordir meliputi peningkatan kualitas sumber daya manusia, wirausaha, dan kemandirian ekonomi. Dampak yang diperoleh tidak lepas dari motivasi usaha mandiri yang meliputi kebutuhan, dorongan, dan tujuan yang menggerakkan peserta pelatihan untuk berwirausaha. Dampak tersebut berupa dampak positif yang mengarah pada dampak ekonomi yang diterima peserta pelatihan setelah berakhirnya program pelatihan.

Published
2020-09-30
How to Cite
RIZQIANA, Mei Lutfi; HASAN, Fuad. PELATIHAN OPERATOR BORDIR TERHADAP MOTIVASI USAHA MANDIRI PADA PESERTA PELATIHAN DI UNIT PELAKSANA TEKNIS BALAI LATIHAN KERJA JEMBER. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 39-45, sep. 2020. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/21296>. Date accessed: 01 aug. 2021. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v4i2.21296.