PERAN PENDIDIKAN KELUARGA TERHADAP PERKEMBANGAN NILAI MORAL AGAMA ANAK DI PAUD ISLAM TERPADU ANANDA KABUPATEN JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara peran pendidikan keluarga terhadap perkembangan nilai moral agama anak di PAUD Islam Terpadu Ananda Kabupaten Jember. Jenis penelitian menggunakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai interprestasi antara peran peran pendidikan keluarga terhadap perkembangan nilai moral agama anak tergolong memiliki hubungan yang cukup. Nilai rhitung sebesar 0,787 masuk pada kriteria keempat anatara 0,600 – 0,790. Cukupnya hubungan peran pendidikan keluarga terhadap perkembangan nilai moral agama anak dikarenakan pada saat keluarga memberikan pendidikan dapat berpengaruh pada perkembangan moral agama anak. Dengan pedidikan yang diberikan oleh keluarga, perkembangan anak akan menjadi cerdas dan patuh pada peraturan atau ajaran sesuai dengan agama yang dianutnya. Pendidikan yang diberikan dalam keluarga adalah bekal terpenting dalam mempersiapkan anak menyongsong masa depan yang lebih baik.