DAMPAK PROGRAM PELATIHAN KELOMPOK SANTRI TANI MILENIAL DALAM MEWUJUDKAN KEBERDAYAAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN BAITUL HIKMAH KECAMATAN TEMPUREJO KABUPATEN JEMBER

  • Yayang Martaning Dia Rahman Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Arief Tukiman Hendrawijaya Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Abstract

Pelatihan Kelompok Santri Tani Milenial merupakan pelatihan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertanian dalam rangka menumbuhkan minat dan meningkatkan kompetensi santri di bidang pertanian khususnya beternak ayam. Pelatihan ini juga dirancang agar santri setelah lulus dari pesantren dapat menjadi wirausahawan dan membuka lapangan pekerjaan. Pada penelitian ini, rumusan masalah yaitu bagaimana dampak program Kelompok Santri Tani Milenial dalam mewujudkan keberdayaan santri di Pondok Pesantren Baitul Hikmah Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan jenis data kualitatif. Teknik perolehan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian analisis data menggunakan analisis merumuskan masalah, analisis sebelum di lapangan, serta analisis Model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dampak program Kelompok Santri Tani Milenial dalam mewujudkan keberdayaan santri mencakup dampak pada  pengetahuan dan keterampilan  santri dalam mengelola ternak ayam dimana dampak tersebut memberikan perubahan dan peningkatan terhadap keberdayaan santri yang meliputi mandiri dan mampu mengembangkan usaha.

Published
2020-09-30
How to Cite
RAHMAN, Yayang Martaning Dia; HENDRAWIJAYA, Arief Tukiman. DAMPAK PROGRAM PELATIHAN KELOMPOK SANTRI TANI MILENIAL DALAM MEWUJUDKAN KEBERDAYAAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN BAITUL HIKMAH KECAMATAN TEMPUREJO KABUPATEN JEMBER. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 31-34, sep. 2020. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/21294>. Date accessed: 01 aug. 2021. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v4i2.21294.