PROSEDUR DAN TATA KERJA PENDIDIKAN NON FORMAL

  • Bradley Setiyadi FKIP Universitas Jambi
  • Retno Mulyani Segara FKIP Universitas Jambi
  • Roby Hanggara Sinambela FKIP Universitas Jambi

Abstract

Perkembangan pendidikan non formal yang begitu pesat ternyata belum diimbangi oleh kualitas lembaga-lembaga tersebut dalam memberikan layanan pendidikan kepada masyarakat. Kualitas pengelolaan program pendidikan non formal sangat ditentukan oleh pencapaian standar penyelenggaraan kegiatan pada lembaga pendidikan non formal. Untuk dapat mewujudkan tujuan dari pendidikan nasional, lembaga pendidikan non formal harus memiliki tata kerja dan prosedur yang berlaku untuk dapat menyelenggarakan pendidikannya. Hal ini memiliki tujuan agar pendidikan non formal menjadi salah satu alternatif bagi masyarakat yang tidak sempat mengenyam pendidikan formal dapat belajar seperti layaknya pendidikan formal. Selain itu juga tata kerja dan prosedur yang jelas akan mempermudah jalannya kehidupan lembaga pendidikan nonformal tersebut. Tulisan ini menggunakan metode berupa kajian teori mengenai prosedur dan tata kerja dalam penyelenggaraan pendidikan non formal. Teori-teori yang dikemukakan dalam tulisan ini adalah teori mengenai pendidikan non formal, ditambah teori mengenai prosedur dan tata kerja secara umum serta penjelasan secara khusus mengenai prosedur dan tata kerja pada lembaga pendidikan non formal

Published
2020-09-30
How to Cite
SETIYADI, Bradley; SEGARA, Retno Mulyani; SINAMBELA, Roby Hanggara. PROSEDUR DAN TATA KERJA PENDIDIKAN NON FORMAL. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 12-19, sep. 2020. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/21288>. Date accessed: 01 aug. 2021. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v4i2.21288.