Hubungan Program Life Skill Berbasis Potensi Lokal Dengan Peningkatan Ekonomi Masyarakat Di Desa Lombok Kulon Kecamatan Wonosari Kabupaten Bondowoso

  • Mohammad Anwar Razzaki
  • Arief Tukiman Hendrawijaya Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Jember
  • Lutfi Ariefianto Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Jember

Abstract

Pemberdayaan masyarakat sangat dibutuhkan untuk peningkatan ekonomi masyarakat, untuk mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran. Salah satunya kerajinan yang ada di Desa Lombok Kulon dan diprakarsai oleh desa wisata. Berdasarkan latar belakang masalah dan rumusan masalah dalam  penelitian ini adalah adakah hubungan program life skill berbasis potensi lokal dengan peningkatan ekonomi masyarakat di desa Lombok Kulon Kecamatan Wonosari Kabupaten Bondowoso. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yakni melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yakni dengan menggunakan rumus korelasi tata jenjang yang dibantu dengan menggunakan alat bantu SPSS seri 24. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara program life skill berbasis potensi lokal dengan peningkatan ekonomi masyarakat di Desa Lombok Kulon.

Published
2020-03-30
How to Cite
RAZZAKI, Mohammad Anwar; HENDRAWIJAYA, Arief Tukiman; ARIEFIANTO, Lutfi. Hubungan Program Life Skill Berbasis Potensi Lokal Dengan Peningkatan Ekonomi Masyarakat Di Desa Lombok Kulon Kecamatan Wonosari Kabupaten Bondowoso. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 58-61, mar. 2020. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/17898>. Date accessed: 13 aug. 2020.