Transformative Learning Terhadap Keberdayaan Masyarakat Di Yayasan Pendidikan Al-Qur’an Raudhatul Ulum Al-Islamiyah Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan transformative learning terhadap keberdayaan masyarakat pada masyarakat RT 02 Sukorambi. Jenis penelitian menggunakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penentuan lokasi secara purposive area di Yayasan Pendidikan Al-Qur’an Raudhatul Ulum Al-Islamiyah Sukorambi. Populasi penelitian sebanyak 32 orang dengan sampel penelitian menggunakan total sampling sehingga diperoleh 32 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai interpretasi hubungan antara transformative learning dengan keberdayaan masyarakat tergolong memiliki hubungan yang kuat dengan nilai rhitung sebesar 0,624. Kuatnya hubungan antara pembelajaran dan keberdayaan dikarenakan oleh pembelajaran transformative yang sudah dilaksanakan dengan baik yang mencakup proses pembelajaran, strategi dan metode yang digunakan. Dengan demikian Transformative learning yang telah dilakukan berdampak positif pada perubahan pola pikir masyarakat Sukorambi yang lebih baik dalam hal agama dan etika di lingkungan, keluarga dan masyarakat.