Transformative Learning Terhadap Keberdayaan Masyarakat Di Yayasan Pendidikan Al-Qur’an Raudhatul Ulum Al-Islamiyah Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember

  • Muhamad Yoga Efendi
  • Deditiani Tri Indrianti Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Jember
  • Irliana Faiqotul Himmah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan transformative learning terhadap keberdayaan masyarakat  pada masyarakat  RT 02  Sukorambi.  Jenis  penelitian  menggunakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penentuan lokasi secara purposive area di Yayasan Pendidikan Al-Qur’an Raudhatul Ulum Al-Islamiyah Sukorambi. Populasi penelitian sebanyak 32 orang dengan sampel penelitian menggunakan total sampling sehingga diperoleh 32 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai interpretasi hubungan antara transformative learning dengan keberdayaan masyarakat tergolong memiliki hubungan yang kuat dengan  nilai rhitung   sebesar 0,624.  Kuatnya hubungan  antara pembelajaran  dan  keberdayaan dikarenakan oleh pembelajaran transformative yang sudah dilaksanakan dengan baik yang mencakup proses pembelajaran, strategi dan metode yang digunakan. Dengan demikian Transformative learning yang telah dilakukan   berdampak positif pada perubahan pola pikir masyarakat Sukorambi yang lebih baik dalam hal agama dan etika di lingkungan, keluarga dan masyarakat.

Published
2020-04-26
How to Cite
EFENDI, Muhamad Yoga; INDRIANTI, Deditiani Tri; HIMMAH, Irliana Faiqotul. Transformative Learning Terhadap Keberdayaan Masyarakat Di Yayasan Pendidikan Al-Qur’an Raudhatul Ulum Al-Islamiyah Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 23-26, apr. 2020. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/17575>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v4i1.17575.