Pengolahan Limbah Ikan Terhadap Keberdayaan Masyarakat Pesisir Di Dusun Sampangan Desa Kedungrejo Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi

  • Moh. Nur Pramana Putra
  • Niswatul Imsiyah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Jember
  • Lutfi Ariefianto Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Jember

Abstract

Kehidupan masyarakat pesisir Desa Kedungrejo Kecamatan Muncar yang mana sebagian besar penduduk di daerah pesisir tersebut bermata pencaharian di sektor pemanfaatan sumber daya kelautan seperti nelayan, pengolahan ikan dan jenis industri ikan lainnya.Namun yang perlu di perhatikan dalam hal ini bahwa potensi kelautan dan pesisir yang besar ini belum sepenuhnya dimanfaatkan secara optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara pengolahan limbah ikan dengan keberdayaan masyarakat pesisir di Dusun Sampangan Desa Kedungrejo Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi Manfaat dari penelitian ini memberikan pemahaman bahwa pengolahan hasil dari limbah ikan akan mampu memberikan manfaat yang positif bagi masyarakat sekitar dalam hal perbaikan pendapatan dan perbaikan lingkungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yakni melalui angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yakni dengan menggunakan rumus korelasi tata jenjang yang dibantu dengan menggunakan alat bantu SPSS (Statistical Package for the Social) seri 24. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara pengolahan limbah ikan dengan keberdayaan  masyarakat pesisir di dusun sampangan desa kedungrejo kecamatan muncar kabupaten banyuwangi dengan angka koefisien korelasi sebesar 0,651.

Published
2020-04-26
How to Cite
PUTRA, Moh. Nur Pramana; IMSIYAH, Niswatul; ARIEFIANTO, Lutfi. Pengolahan Limbah Ikan Terhadap Keberdayaan Masyarakat Pesisir Di Dusun Sampangan Desa Kedungrejo Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 16-19, apr. 2020. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/17573>. Date accessed: 13 aug. 2020.