Pengaruh Media Pembelajaran Boneka Gender dan Buku Cerita terhadap Perkembangan Kognitif dan Sosio Emosional Anak Usia Dini

  • Ya'lu Ela Eliya
  • Deditiani Tri Indrianti Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Jember
  • Sylva Alkornia Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Jember

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh  media  pembelajaran  boneka gender dan buku cerita terhadap perkembangan kognitif dan sosio emosional anak usia dini. Penelitian   ini   merupakan   penelitian   eksperimen   dengan   pendekatan   kuantitatif.Lokasi penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling area. Kelompok penelitian dibentuk menjadi dua jenis, yaitu kelompok kontrol yang tidak memperoleh perlakuan khusus dan kelompok eksperimen dengan perlakuan berupa pembelajaran menggunakan media boneka gender  dan  buku  cerita.  Dari  penelitian  yang  telah  dilakukan  diperoleh  hasil  bahwa  ada pengaruh dari media pembelajaran boneka gender dan buku cerita. Berdasarkan uji regresi, nilai R square pada kelompok kontrol sebesar 33% sedangkan pada kelompok eksperimen sebesar 40,4%, hal ini menunjukkan jika kelompok eksperimen memiliki perkembangan kognitif dan sosio  emosional  yang  lebih  baik  daripada  kelompok  kontrol.  Artinya  media  pembelajaran boneka   gender   dan   buku   cerita   yang   diterapkan   pada   kelompok   eksperimen   dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan sosio emosional anak usia dini.

Published
2020-04-26
How to Cite
ELIYA, Ya'lu Ela; INDRIANTI, Deditiani Tri; ALKORNIA, Sylva. Pengaruh Media Pembelajaran Boneka Gender dan Buku Cerita terhadap Perkembangan Kognitif dan Sosio Emosional Anak Usia Dini. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 12-15, apr. 2020. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/17572>. Date accessed: 24 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v4i1.17572.