Hubungan Pemanfaatan Kartu Pintar dengan Program Keaksaraan Fungsional di PKBM Al-Muttaqin Kecamatan Patrang Kabupaten Jember

  • Ririn Faulina
  • Deditiani Tri Indrianti Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Jember
  • Muhammad Irfan Hilmi Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Jember

Abstract

Media merupakan salah satu komponen penting yang mendukung keberhasilan program keaksaraan fungsional. Penggunaan media harus disesuaikan dengan kebutuhan dan minat warga belajar agar dapat membantu pencapaian tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pemanfaatan kartu pintar dengan program keaksaraan fungsional di PKBM Al-Muttaqin Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan data dilakukan dengan penyebaran angket kepada responden dan dokumentasi. Analisis data dilakukan mengggunakan teknik analisis korelasi product moment. Hasil analisis diketahui adanya hubungan antara pemanfaatan kartu pintar dengan program keaksaraan fungsional di PKBM Al- Muttaqin Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Hasil tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan uji korelasi product moment menggunakan aplikasi SPSS versi 22 yang menunjukkan nilai sebesar 0,697 dengan taraf signifikansi 95% yang berarti hubungan kuat. Kesimpulan penelitian ini adalah Ha  diterima yang berarti ada hubungan antara pemanfaatan kartu pintar dengan program keaksaraan fungsional di PKBM Al-Muttaqin Kecamatan Patrang Kabupaten Jember.

Published
2020-04-26
How to Cite
FAULINA, Ririn; INDRIANTI, Deditiani Tri; HILMI, Muhammad Irfan. Hubungan Pemanfaatan Kartu Pintar dengan Program Keaksaraan Fungsional di PKBM Al-Muttaqin Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 7-11, apr. 2020. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/17571>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v4i1.17571.