Penerapan Bahan Ajar Dalam Peningkatan Kemampuan Kognitif Peserta Pelatihan Tata Kecantikan Kulit di LKP Piesca Jember

  • Renita Swasti
  • Niswatul Imsiyah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Jember
  • Lutfi Ariefianto Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Jember

Abstract

LKP Piesca merupakan satu-satunya lembaga yang memiliki TUK (Tempat Uji Kompetensi) di bidang tata kecantikan kulit. Pada pembelajarannya lebih mengutamakan praktek, hal ini harus diimbangi  dengan   bahan  ajar  modul  sehingga  warga belajar dapat belajar secara komprehensif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Teknik penentuan informan penelitian dalam penelitian ini menggunakan snowball sampling, dimana instruktur dan beberapa peserta pelatihan tata kecantikan kulit sebagai informan kunci dan pengelola lembaga sebagai informan pendukung. Teknik keabsahan menggunakan perpanjangan pengamatan, triangulasi sumber dan  triangulasi  teknik.  Analisis data menggunakan  model  Miles  and  Huberman dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu bahan ajar yang diberikan sudah relevan, cukup, dan sesuai dengan Standar Kompetensi. penyampain bahan ajar yang dilakukan oleh instruktur mudah difahami oleh peserta pelatihan. Sehingga dapat meningkatkan kemapuan konitif yaitu peserta pelatihan mampu mengingat, memahami, serta menerapkan apa yang telah diajarkan oleh instruktur. Bahkan ada peserta pelatihan yang sudah bisa membuka salon kecantikan sendiri. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahan ajar di LKP Piesca mampu meningkatkan   kemampuan   kognitif   peserta   pelatihan

Published
2020-04-26
How to Cite
SWASTI, Renita; IMSIYAH, Niswatul; ARIEFIANTO, Lutfi. Penerapan Bahan Ajar Dalam Peningkatan Kemampuan Kognitif Peserta Pelatihan Tata Kecantikan Kulit di LKP Piesca Jember. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 1-6, apr. 2020. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/17570>. Date accessed: 13 aug. 2020.