Evaluasi Program Model CIPP Pada Pelatihan Menjahit Di LKP Kartika Bawen

  • Nia Mei Istiyani
  • Utsman Utsman Universitas Negeri Semarang

Abstract

Tujuan penelitian mendeskripsikan evaluasi program menggunakan Model CIPP yang meliputi evaluasi context, input, process, product di LKP Kartika. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 1 pengelola, 1 instruktur, 2 warga belajar. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Disimpulkan bahwa evaluasi context yang diselenggarakan oleh LKP Kartika sesuai dengan kebutuhan dan tujuan warga belajar. Evaluasi input, yang meliputi komponen warga belajar, instruktur, kurikulum, materi pelatihan, pendanaan, sarana dan prasarana sudah sesuai dengan apa yang diharapkan. Evaluasi proses yang meliputi kegiatan warga belajar, kegiatan instruktur, strategi pembelajaran dan partisipasi warga belajar, semuanya sudah berjalan dengan lancar didalam proses pelatihan menjahit di LKP Kartika. Evaluasi Product dalam pelatihan ini meliputi ketercapaian program, hasil belajar dan dampak program sudah sesuai yang diharapkan warga belajar dan lembaga pelatihan

Published
2020-02-18
How to Cite
ISTIYANI, Nia Mei; UTSMAN, Utsman. Evaluasi Program Model CIPP Pada Pelatihan Menjahit Di LKP Kartika Bawen. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 6-13, feb. 2020. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/16810>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v3i2.16810.