Peran Profesionalisme Tutor Dalam Meningkatan Motivasi Belara Pada Warga Belajar Paket C Di PKBM Al-Muttaqin Desa Banjarsengon Kecamatan Patrang Kabupaten Jember

  • Domas Adi Saputro
  • Arief Tukiman Hendrawijaya Universitas Jember
  • Lutfi Ariefianto Universitas Jember

Abstract

Program paket C setara dengan SMA/MA berfungsi untuk menuntaskan wajib belajar 9 tahun. Salah satu lembaga yang menyelenggarakan program paket C adalah Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Al-Muttaqin Desa Banjarsengon Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Dalam pelaksanaan pembelajaran di PKBM ini harus ada seorang pendidik atau disebut dengan tutor yang profesional sehingga mampu meningkatkan kualitas pendidikan. Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pendidikan kesetaraan program paket C, Tutor sudah mampu memenuhi standar kompetensi dalam merencanakan pembelajaran, dilihat dari mempersiapkan silabus, membuat RPP, kompetensi dasar, dan lainnya. Pembelajaran yang dilakukan juga telah sesuai dengan kurikulum yang ada. Motivasi belajar terhadap warga belajar dalam mengikuti pembelajaran mandiri terdiri dari motivasi instrinsik dan motivasi ekstrinsik Motivasi belajar pada warga belajar sudah memiliki motivasi yang baik dalam melaksanakan belajar mandiri. Peran tutor disini sebagai informator, organisator, pembimibing, inisiator, motivator, mediator, fasilitator,dan evaluator

Published
2020-02-18
How to Cite
SAPUTRO, Domas Adi; HENDRAWIJAYA, Arief Tukiman; ARIEFIANTO, Lutfi. Peran Profesionalisme Tutor Dalam Meningkatan Motivasi Belara Pada Warga Belajar Paket C Di PKBM Al-Muttaqin Desa Banjarsengon Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 70-73, feb. 2020. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/16805>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v3i2.16805.