Dampak Pembinaan Karang Taruna Dengan Model Transformative Learning Terhadap Keberdayaan Pemuda Di Karang Taruna Hasta Jaya Kabupaten Jember

  • Hikmah Syifa’ani
  • Arief Tukima Hendrawijaya Universitas Jember
  • Lutfi Ariefianto Universitas Jember

Abstract

Pembinaan karang taruna dengan model transformative learning dilakukan karena masih ditemukannya karang taruna yang berada pada kondisi fakum dan kurangnya partisipasi pemuda yang berdampak terhadap keberdayaan pemuda. Sehingga menyebabkan karang taruna on/off. Pada penelitian ini, rumusan masalah yaitu bagaimana dampak pembinaan karang taruna dengan model Transformative Learning terhadap keberdayaan pemuda di Karang Taruna Hasta Jaya Kelurahan Jember Lor Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan jenis data kualitatif. Teknik perolehan  data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan analisis merumuskan masalah, sebelum di lapangan, serta analisis Model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dampak pembinaan karang taruna dengan model transformative learning mencakup dampak instruksional dan dampak pengiring terjadi pada pemuda Karang Taruna Hasta Jaya dimana dampak tersebut memberikan perubahan dan peningkatan terhadap keberdayaan pemuda yang meliputi potensi dan peran aktif pemuda.

Published
2020-02-18
How to Cite
SYIFA’ANI, Hikmah; HENDRAWIJAYA, Arief Tukima; ARIEFIANTO, Lutfi. Dampak Pembinaan Karang Taruna Dengan Model Transformative Learning Terhadap Keberdayaan Pemuda Di Karang Taruna Hasta Jaya Kabupaten Jember. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 18-22, feb. 2020. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/16796>. Date accessed: 05 june 2020.