PENGARUH PEMBELAJARAN BAHASA JAWA TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK PEMBINA BANYUWANGI

  • Devi Hardiyanti Arini Pendidikan Luar Sekolah
  • Niswatul Imsiyah Pendidikan Luar Sekolah Universitas Jember
  • Irliana Faiqotul Himmah Pendidikan Luar Sekolah Universitas Jember

Abstract

Pada anak usia dini, nilai moral sangatlah perlu untuk dikembangkan, karena moral berkaitan dengan sikap seseorang dalam berhubungan dengan orang lain. Seperti halnya Bahasa Jawa (krama inggil) yang baik dan benar sangatlah perlu diajarkan kepada anak-anak sejak dini. Karena Bahasa Jawa (krama inggil) dikalangan masyarakat khususnya masyarakat Jawa merupakan   Bahasa   yang   memiliki   nilai   kesopanan   dalam   berkomunikasi khususnya untuk berkomunikasi dengan orang yang lebih tua/dihormati. Sehingga dapat menambah nilai moral anak dalam berkomunikasi, akan membentuk suatu kepribadian (moral) anak hingga dewasa nanti. TK Pembina Banyuwangi mengajarkan Bahasa Jawa (krama inggil) terhadap anak didiknya, hal ini bertujuan untuk mengembangkan moral anak usia dini dan membudayakan Bahasa Jawa di lingkungan sekolah, keluarga maupun di lingkungan masyarakat. Tempat yang digunakan sebagai penelitian berada di TK Pembina Banyuwangi dengan menggunakan metode purposive area. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Agar kepercayaan terhadap data menjadi tinggi maka digunakan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengaruh pemebelajaran Bahasa Jawa memiliki peran penting terhadap perkembangan moral anak usia dini. Saran yang dapat peneliti berikan yaitu sebaiknya kepala sekolah dapat mengetahui peserta didik dalam proses pembelajaran Bahasa Jawa agar kepala sekolah juga mengatahui perkembangan anak. Selain itu pendidik hendaknya melakukan evaluasi dan tindak lanjut bagi peserta didik yang kurang faham dengan Bahasa Jawa, agar peserta didik lebih mampu berkomunikasi Bahasa Jawa

Published
2019-09-02
How to Cite
ARINI, Devi Hardiyanti; IMSIYAH, Niswatul; HIMMAH, Irliana Faiqotul. PENGARUH PEMBELAJARAN BAHASA JAWA TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK PEMBINA BANYUWANGI. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 42-48, sep. 2019. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/13572>. Date accessed: 24 feb. 2020.