Efektifitas Program Pendidikan Nonformal Terhadap Pemberdayaan Gelandangan Dan Pengemis Di Lingkungan Pondok Sosial Kabupaten Jember

  • Sofyan Hadi Pendidikan Luar Sekolah
  • Niswatul Imsiyah Pendidikan Luar Sekolah Universitas Jember
  • Sylva Alkornia Pendidikan Luar Sekolah Universitas Jember

Abstract

Salah  satu  masalah  kemiskinan yaitu makin  banyaknya  jumlah  gelandangan  dan  pengemis,  yang disebabkan oleh kualitas hidup masih dibawah garis kemiskinan. Sejalan dengan hal itu, Lingkungan Pondok  Sosial  (Liposos)  yang  merupakan  lembaga  di  Kabupaten  Jember  yang mempunyai  program pemberdayaan khususnya program pelatihan yang merupakan program dari pendidikan non formal. Tujuanya   untuk  mengetahui   efektifitas   program   pendidikan  non   formal   terhadap   pemberdayaan gelandangan   dan   pengemis   Lingkungan   Pondok   Sosial   Kabupaten   Jember.   Jenis  penelitian   ini menggunakan  penelitian  deskriptif  kualitatif.  Teknik  penentuan  informan  yaitu  snowball  sampling. Metode pengumpulan data yang digunakkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentas. Dengan informan  kunci  yaitu pegawai  lingkungan  pondok  sosial dan  informan  pendukung  yaitu  staf bidang pemberdayaan Dinas Sosial Kabupaten Jember serta gelandangan dan pengemis. Teknik pemerikasaan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi (teknik dan sumber), sedangkan analisis data yang digunakkan yaitu reduksi, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini dapat ditemukan bahwa adanya efektifitas program pendidikan non formal terhadap pemberdayaan gelandangan dan penemis di UPT Liposos. Hal ini dapat dilihat dari adanya SOP dalam pelaksanaan proses pemberdayaan, sehingga proses pemberdayaan dapat berjalan terarah  mulai dari tahap penyadaran dan tahap pengkapasitasan.

Published
2019-03-29
How to Cite
HADI, Sofyan; IMSIYAH, Niswatul; ALKORNIA, Sylva. Efektifitas Program Pendidikan Nonformal Terhadap Pemberdayaan Gelandangan Dan Pengemis Di Lingkungan Pondok Sosial Kabupaten Jember. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 27-29, mar. 2019. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/13530>. Date accessed: 24 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v3i1.13530.