PERAN CSR (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) TERHADAP PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KECAMATAN PUGER KABUPATEN JEMBER (STUDI PADA PT. CEMENT PUGER JAYA RAYA SENTOSA)

  • Liya Maisyaroh Pendidikan Luar Sekolah
  • Arief Tukiman Hendrawijaya Pendidikan Luar Sekolah Universitas Jember
  • Lutfi Ariefianto Pendidikan Luar Sekolah Universitas Jember

Abstract

CSR (Corporate Social Responsibility) berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat hal ini karena program CSR dikaitkan dengan kebutuhan masyarakat serta tujuan perusahaan, keberhasilan suatu program CSR, salah satunya berkaitan dengan bagaimana program CSR tersebut dapat berpengaruh secara signifikan dan pada akhirnya membawa dampak positif terhadap kehidupan komunitas disekitar wilayah  perusahaan. Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan tempat penelitian menggunakan metode purposive area maka peneliti melakukan penelitian di PT. Cement Puger Jaya Raya Sentosa. Teknik penentuan informan menggunakan teknik Purposive Sampling. Kemudian proses pengumpulan datanya menggunakan teknik Snowball Sampling. Dalam pengumpulan datanya peneliti menggunakan 3 teknik yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yaitu triangulasi sumber, waktu, dan teknik. Pada analisis data menggunakan model analisis Sugiyono yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya program CSR mempunyai peran terhadap pemberdayaan masyarakat di sekitar perusahaan PT. Cement Puger Jaya Raya Sentosa yang sudah dilaksanakan oleh pihak perusahaan sejak berdirinya perusahaan. Dengan adanya program CSR diharapkan antara perusahaan dan masyarakat serta lingkungan mempunyai keseimbangan untuk saling menjaga dan meningkatkan taraf hidup. Saran dalam penelitian ini untuk perusahaan. Seharusnya program CSR harus bekerja sama dengan masyarakat sekitar perusahaan. Agar tidak menimbulkan kesenjangan sosial. Serta perencanaan dan pelaksanaan harus disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat

Published
2019-08-23
How to Cite
MAISYAROH, Liya; HENDRAWIJAYA, Arief Tukiman; ARIEFIANTO, Lutfi. PERAN CSR (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) TERHADAP PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KECAMATAN PUGER KABUPATEN JEMBER (STUDI PADA PT. CEMENT PUGER JAYA RAYA SENTOSA). Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 30-34, aug. 2019. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/13527>. Date accessed: 24 feb. 2020.