KONTRIBUSI PROGRAM KEMITRAAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. TELEKOMUNIKSI INDONESIA Tbk, JEMBER TERHADAP KEBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM)
Abstract
Salah satu upaya pemberdayaan masyarakat yaitu melalui tanggungjawab sosial yang diberikan oleh perusahaan. Fokus penelitian ini adalah kontribusi program corporate social responsibility (CSR) perusahaan yaitu program kemitraan sebagai upaya peningkatan pendidikan (better education) dan peningkatan pendapatan (better income) terhadap UMKM. Rumusan masalah penelitian ini bagaimana kontribusi program kemitraan CSR PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, Jember terhadap keberdayaan UMKM. Tujuan penelitian untuk mengetahui kontribusi program kemitraan CSR PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, Jember dalam meningkatkan keberdayaan UMKM. Adapun jenis penelitian yaitu deskriptif dengan metode pendekatan kualitatif. Teknik penentuan informan, menggunakan teknik purposive sampling. Sumber data didapat dari informan kunci dan informan pendukung. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan menggunakan teknik pengolahan data yakni perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangualasi. Peneliti menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Analisis data yang digunakan analis model Mile dan Huberman, yaitu pengumpulan data, penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kontribusi program kemitraaan berpegaruh terhadap perkembangan usaha mitra binaan. Dapat disimpulkan bahwa kontribusi perusahaan harus sesuai denga prinsip-prinsip CSR da pemberdayaan masyarakat. Adapun saran yang dapat diberikan kepada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, Jember yakni perencanaan pemberian pelatihan yang akan diberikan hendaknya dilakukan secara buttom-up sesuai dengan kebutuhan mitra binaan.