HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS ALAM DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB KHADIJAH KECAMATAN CLURING KABUPATEN BANYUWANGI
Abstract
Aktivitas pembelajaran berbasis alam merupakan kegiatan pembelajaran yang melibatkan peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran,aktivitas pembelajaran berbasis alam sangat sesuai untuk mengembangan kognitif anak karena anak dapat mengetahui atau mengeksplor pengetahuan mereka dengan melihat secara langsung benda atau makhluk hidup. Jenis penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan data menggunakan lembar observasi berupa check list dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi tata jenjang yang dibantu dengan menggunakan alat bantu SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) seri 24.0. Hasil perhitngan diperoleh sebesar 0,895 dengan presentase 80,10% dengan kategori tinggi, dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara aktivitas pembelajaran berbasis alam dengan perkembangan kognitif anak usia 3-4 tahun di KB Khadijah Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi.Saran dari penelitian ini yaitu bagi kepala KB Khadijah agar memberikan kesempatan kepada pendidik untuk melaksanakan dan mengembangkan pembelajaranseperti media, sarana dan prasarana, agar lebih inovatif dan kreatif. Bagi pendidik agar lebih inisiatif dan kreatif dalam memilih media pembelajaran. Bagi peneliti selanjutnya yaitu disarankan agar melakukan penelitian lanjutan mengenai pengembangan pembelajaran, kurikulum, media pembelajaran